Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Penularan Demam Berdarah dan Faktanya

Kompas.com - 12/03/2020, 10:00 WIB
Serafica Gischa

Penulis

Sumber WHO

KOMPAS.com - Demam berdarah atau dengue, adalah penyakit virus yang ditularkan oleh nyamuk.

Dilansir dari situs resmi World Health Organization (WHO), virus dengue ini ditularkan oleh nyamuk betina terutama dari spesies Aedes aegypti.

Nyamuk ini juga merupakan vektor chikungunya, demam kuning, dan virus Zika. Demam berdarah tersebar luas di seluruh daerah tropis.

Variasi risiko lokal dipengaruhi oleh curah hujan, suhu, kelembapan relatif, dan urbanisasi cepat yang tidak terencana.

Beberapa orang mengalami demam berdarah yang parah, yang dapat mengakibatkan sejumlah komplikasi terkait dengan pendarahan hebat, kerusakan organ dan atau kebocoran plasma.

Demam berdarah dengue (DBD) berat memiliki risiko kematian yang lebih tinggi bila tidak tertangani dengan tepat dan segera.

Saat ini, demam berdarah parah memengaruhi sebagian besar negara-negara di Asia dan Amerika Latin. Bahkan menjadi penyebab utama rawat inap dan kematian di antara anak-anak dan orang dewasa.

Baca juga: Nyamuk, Pembawa Penyakit dan Musuh Manusia

Cara penularan virus DBD

Virus DBD ditularkan ke manusia melalui gigitan nyamuk betina yang terinfeksi, terutama Aedes aegypti.

Spesies lain dalam genus Aedes juga bisa sebagai vektor. Namun, kontribusinya adalah sekunder dari Aedes aegypti.

Virus yang telah menginfeksi nyamuk akan berkembang di midgut nyamuk, lalu menginfeksi kelenjar ludah dan jaringan tubuh sekitarnya. Kemudian menggigit tubuh manusia.

Masa inkubasi virus di dalam tubuh nyamuk (ekstrinsik) berlangsung sekitar 8-10 hari.

Sekitar satu minggu setelah menghisap darah penderita, nyamuk tersebut siap untuk menularkan kepada orang lain.

Virus ini akan tetap berada dalam tubuh nyamuk sepanjang hidupnya.

Sehingga nyamuk Aedes aegypti yang telah menghisap virus dengue, akan menjadi penular (infektif) sepanjang hidupnya.

Di dalam tubuh manusia, virus dengue berkembang biak dan memerlukan waktu inkubasi hingga 4-5 hari sebelum dapat menimbulkan penyakit dengue.

Baca juga: Siklus dan Perkembangbiakan Virus

Fakta demam berdarah

Berikut fakta-fakta kunci mengenai demam berdarah:

  1. Dengue adalah infeksi virus yang ditularkan oleh nyamuk.
  2. Virus yang menyebabkan demam berdarah, disebut virus dengue (DENV). Terdapat empat serotip DENV, artinya sangat mungkin terinfeksi empat kali.
  3. Sebagian besar infeksi DENV hanya menghasilkan penyakit ringan. Namun, sebagian lainnya menyebabkan penyakit seperti flu akut. Terkadang hal ini juga berkembang menjadi komplikasi yang berpotensi mematikan (dengue parah).
  4. Dengue parah menjadi penyebab utama penyakit serius dan kematian di beberapa negara, khususnya wilayah Asia dan Amerika Latin.
  5. Belum ada pengobatan khusus untuk demam berdarah atau demam berdarah yang parah. Deteksi dini perkembangan penyakit yang terkait dengan demam berdarah parah dan akses ke perawatan medis yang tepat bisa menurunkan kematian hingga dibawah satu persen.
  6. Demam berdarah ditemukan di daerah beriklim tropis dan sub tropis di seluruh dunia. Sebagian besar di daerah perkotaan.
  7. Pencegahan dan kontrol demam berdarah tergantung pada langkah pengendalian vektor yang efektif. Keterlibatan masyarakat yang berkelanjutan dapat meningkatkan upaya pengendalian vektor secara substansial.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber WHO
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com