Empon-empon: Manfaat, Jenis dan Bukti Khasiat

Kompas.com - 07/03/2020, 11:00 WIB
Ilustrasi kunyit. 14031857Ilustrasi kunyit.

KOMPAS.com - Apakah empon-empon sama dengan rempah-rempah? Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), empon-empon dan rempah memiliki arti masing-masing.

Menurut KBBI, empon-empon adalah rimpang yang digunakan sebagai ramuan tradisional seperti jahe, kunyit, temulawak dan sebagainya.

Sedangkan rempah adalah berbagai jenis hasil tanaman yang beraroma seperti pala, cengkih, lada untuk memberikan bau dan rasa khusus pada makanan.

Apa itu empon-empon?

Dikutip dari Temu-temuan dan Empon-empon, Budi Daya dan Manfaatnya (1999) karya Fauziyah Muhlisah, istilah empon-empoon berasal dari bahasa Jawa.

Asal kata empon-empon dari empu yang berarti rimpang induk atau akar tinggal. Istilah ini digunakan untuk menyebut kelompok tanaman yang mempunyai rimpang atau akar tinggal.

Penggolongan nama empon-empon tidak dilakukan berdasarkan klasifikasi ilmiah tertentu. Melainkan lebih merujuk pada penggolongan tanaman tertentu yang dilakukan masyarakat Jawa.

Manfaat empon-empon

Tanaman yang termasuk empon-empon umumnya adalah tanaman yang biasa dimanfaatkan untuk pengobatan tradisional dan bumbu-bumbu masakan.

Seiring kemajuan zaman, penggunaan empon-empon meluas. Beberapa manfaat empon-empon antara lain:

  1. Bahan baku obat-obatan dan jamu
  2. Bahan bumbu masak
  3. Industri makanan dan minuman
  4. Ramuan tradisional perawatan tubuh
  5. Kosmetika untuk perawatan kecantikan
  6. Bahan pewarna
  7. Untuk diambil minyak asirinya

Jenis empon-empon

Meski istilah empon-empon berarti rimpang atau akar tinggal tetapi penyebutan empon-empon didominasi tanaman famili Zingiberaceae. Dari sekitar 283 jenis tanaman obat, ada 12 jenis tanaman yang paling sering dipakai oleh masyarakat.

Berikut ini jenis- jenis empon-empon yang sering dimanfaatkan:

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber KBBI
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X