Perbedaan Kemandirian Laki-laki dan Perempuan

Kompas.com - 03/03/2020, 09:00 WIB
Ilustrasi Perbedaan Kemandirian Laki-laki dan Perempuan shutterstock.comIlustrasi Perbedaan Kemandirian Laki-laki dan Perempuan

KOMPAS.com - Gender adalah suatu konsep kultur, berupaya membuat perbedaan dalam hal peran, perilaku, mentalitas dan karakteristik emosional antara laki-laki dan perempuan.

Perbedaan yang terjadi atas laki-laki dan perempuan bukan semata-mata hanya faktor biologis, bukan atas dasar perbedaan fisik tetapi di luar faktor tersebut.

Gender kemudian berimplikasi pada perbedaan tugas dan peran sosial kaum laki-laki dan perempuan dalam aktivitas sosial, lebih didasarkan pada faktor bentukan budaya.

Dalam buku Getar Gender (2004) karya Nunuk Murniati terdapat dua teori gender, yaitu:

  • Nature ekstrem

Beranggapan bahwa perbedaan psikologis antara laki-laki dan perempuan diosebabkan oleh perbedaan biologis dua insan tersebut.

  • Nurture

Beranggapan bahwa perbedaan psikologis antara laki-laki dan perempuan sebagian besar hasil dari sosialisasi, yang berarti ciptaan manusia dan lingkungannya.

Baca juga: Cara Menyikapi Remaja Pubertas

Perbedaan kemandirian laki-laki dan perempuan

Dalam buku Kepribadian Teori Klasik dan Riset Modern (2006) karya Howard Fredman, biologis dan psikologis saling memengaruhi dalam membentuk manusia sebagai pribadi dan dalam relasinya dengan pribadi lain. Hal ini menegaskan bahwa laki-laki dan perempuan memiliki kemandirian yang berbeda.

Penyebab perbedaan kemandirian ini terjadi karena setiap orang memiliki kesiapan dan kemampuan yang berbeda. Baik dari segi fisik, psikis, maupun intelektual.

Manusia memiliki perbedaan dalam hal ilmu pengetahuan dan kebijaksanaan, termasuk perbedaan dalam kecerdasan dan kemandirian. Berikut penjelasannya:

  • Kemampuan spasial dan verbal

Pada umumnya, laki-laki sejak kecil hingga dewasa memperhatikan kemampuan spasial yang lebih baik, seperti mahir dalam mengerjakan tugas dan tes, mengetahui lebih banyak mengenai geografi dan politik, serta kemampuan matematik yang lebih baik.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X