Wilayah NKRI

Kompas.com - 21/02/2020, 19:30 WIB
Peta terbaru Indonesia yang diluncurkan pada 2017 oleh Badan Informasi Geospasial. BADAN INFORMASI GEOSPASIALPeta terbaru Indonesia yang diluncurkan pada 2017 oleh Badan Informasi Geospasial.

KOMPAS.com - Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI) sangat luas terdiri dari darat, laut dan udara.

Tahukah kamu mana saja yang termasuk wilayah NKRI?

Wilayah NKRI

Dikutip dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, sejak awal kemerdekaan pemerintah Republik Indonesia menyatakan berdaulat atas seluruh wilayah bekas jajahan Hindia Belanda.

Negara Kesatuan Republik Indonesia terdiri dari kepulauan dengan jumlah pulau mencapai lebih dari 16 ribu. Menjadikan Indonesia adalah negara kepulauan yang terbesar di dunia.

Sebagai negara kepulauan, maka wilayah negara Indonesia sebagian besar adalah laut yang mencapai sekitar dua pertiga bagian, sedangkan sisanya wilayah darat.

Wilayah NKRI juga mencakup udara yang ada di atas wilayah laut dan wilayah darat yang dimilikinya.

Baca juga: NKRI: Latar Belakang, Makna dan Tujuan

Perubahan wilayah NKRI

Sejak awal berdiri, wilayah NKRI telah mengalami beberapa kali perubahan. Irian Barat telah berhasil direbut dari penjajah Belanda pada 1963. Sekarang wilayah Irian Barat disebut Irian Jaya atau Papua.

Wilayah Timor Timur, yang dulu adalah daerah jajahan Portugal, kemudian bergabung ke negara Republik Indonesia menjadi salah satu provisi pada 1976.

Pada 1999, di Timor Timur dilakukan referendum (jajak pendapat), yaitu pemungutan suara untuk menentukan pendapat rakyat.

Hasilnya menyatakan Timor Timur berpisah dengan Republik Indonesia. Kemudian Timor Timur menjadi negara Timor Leste.

Halaman:

Sumber Kemdikbud
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X