Kompas.com - 19/02/2020, 15:30 WIB
Penampakan Patung Garuda Pancasila yang dibuat secara swadaya oleh warga Kampung Leuser, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Dokumentasi Warga Kampung LeuserPenampakan Patung Garuda Pancasila yang dibuat secara swadaya oleh warga Kampung Leuser, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

KOMPAS.com - Pancasila yang terdiri dari lima sila pada hakekatnya adalah suatu sistem nilai.

Tahukah kamu apa maksud Pancasila sebagai sistem nilai?

Sistem nilai

Dikutip dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, sistem nilai terdiri dari dua kata yaitu sistem dan nilai.

Sistem adalah kesatuan dari bagian-bagian yang setiap bagian memiliki fungsi sendiri-sendiri, saling berhubungan dan ketergantungan untuk mencapai suatu tujuan tertentu dan terjadi dalam suatu lingkungan yang kompleks.

Nilai adalah keberhargaan (worth) atau kebaikan (goodness), serta kata kerja yang merujuk pada tindakan kejiwaan tertentu. Nilai berkaitan dengan apa yang seharusnya (das sollen), bukan apa yang senyatanya (das sein).

Sistem nilai adalah konsep atau gagasan menyeluruh mengenai apa yang hidup dalam pikiran seseorang atau anggota masyarakat.

Tentang apa yang dipandang baik, berharga, penting dalam hidup, serta berfungsi sebagai pedoman yang memberi arah dan orientasi pada kehidupan masyarakat.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 9 Fungsi Pancasila di Indonesia

Pancasila sebagai sistem nilai

Dalam Pendidikan Pancasila (2002) karya Purwastuti dkk, Pancasila sebagai sistem nilai artinya mengandung serangkaian nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan dan keadilan yang merupakan satu kesatuan utuh dan sistematis.

Kesatuan sila-sila Pancasila bersifat organis, susunannya bersifat hierarkis dan berbentuk piramidal.

Menurut Kaelan dalam Pendidikan Pancasila (2001), Pancasila bersifat organis artinya sila-sila Pancasila merupakan satu kesatuan dan keutuhan yang majemuk tunggal. Setiap sila tidak dapat berdiri sendiri dan tidak saling bertentangan.

Halaman:

Sumber Kemdikbud
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X