Pentingnya Kestabilan Harga Terhadap Ekonomi

Kompas.com - 13/02/2020, 14:30 WIB
Salah satu cara menjaga stabilitas harga jagung adalah dengan menjual langsung hasil panen ke pabrik pakan Dok. Humas Kementerian PertanianSalah satu cara menjaga stabilitas harga jagung adalah dengan menjual langsung hasil panen ke pabrik pakan

KOMPAS.com - Stabilitas perekonomian menciptakan stabilitas harga. Dengan ekonomi yang stabil maka biaya yang rendah atau terjangkau bagi masyarakat.

Sebaliknya, jika ekonomi tidak stabil maka biaya yang akan dikeluarkan masyarakat akan tinggi. Sehingga mempersulit masa depan terkait investasi.

Dilansir dari situs resmi Bank Indonesia, inflasi yang rendah dan stabil merupakan prasyarat bagi pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan. Di mana memberi manfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Pentingnya pengendalian inflasi didasarkan pada pertimbangan bahwa inflasi yang tinggi dan tidak stabil memberikan dampak negatif kepada kondisi sosial ekonomi masyarakat.

Baca juga: Upaya Pengendalian Inflasi dan Kebijakan di Indonesia

Bank Indonesia memberikan tiga alasan pentingnya kestabilan harga, sebagai berikut:

  1. Inflasi yang tinggi akan menyebabkan pendapatan riil masyarakat akan terus turun sehingga standar hidup dari masyarakat turun dan akhirnya menjadikan semua orang, terutama orang miskin bertambah miskin.
  2. Inflasi yang tidak stabil akan menciptakan ketidakpastian bagi pelaku ekonomi dalam mengambil keputusan. Pengalaman empiris menunjukkan bahwa inflasi yang tidak stabil akan menyulitkan keputusan masyarakat dalam melakukan konsumsi, investasi , dan produk yang akhirnya menurunkan pertumbuhan ekonomi.
  3. Tingkat inflasi domestik yang lebih tinggi dibanding dengan tingkat inflasi di negara tetangga menjadikan tingkat bunga domestik riil menjadi tidak kompetitif sehingga dapat memberikan tekanan pada nilai rupiah.

Peran stabilitas harga dalam ekonomi

Harga stabil akan menyebabkan inflasi lebih terkendali sehingga kondisi makro ekonomi sebuah negara akan baik.

Laju inflasi dapat memengaruhi kondisi ekonomi dalam negeri dan nilai tukar rupiah. Bank Indonesia telah membuat program sebagai langkah strategis pengendalian inflasi, yaitu:

  1. Keterjangkauan harga
  2. Ketersediaan pasokan
  3. Kelancaran distribusi
  4. Komunikasi efektif

Kestabilan harga khususnya harga pokok mampu menjaga stabilitas kondisi politik. Masyarakat tidak akan khawatir dengan naiknya harga dan ketakutan mengenai pasokan barang.

Baca juga: Dampak Inflasi Terhadap Negara

Jika masyarakat menilai harga akan naik, maka akan terjadi panic buying atau pemnbelian secara besar-besaran yang berakhir dengan kelangkaan barang.

Dalam menjaga kestabilan harga harus dilakukan secara sinergis dan harmonis oleh pemerintah dan masyarakat.

Kerja sama dan koordinasi Kemendag dengan Bulog, Kepolisian RI, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) dan lembaga lain memiliki peran yang penting.

Semua lapisan dan warga negara Indonesia memiliki peran yang penting bagi perekonomian. Pertumbuhan dan stabilitas ekonomi merupakan tujuan utama yang harus dicapai.

 


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X