Seni Grafis: Pengertian dan Contoh

Kompas.com - 05/02/2020, 06:00 WIB
Para pemenang kompetisi seni grafis cetak internasional Triennial Seni Grafis VI Bentara Budaya telah diumumkan pada Rabu (24/4/2019) di Bentara Budaya Jakarta. Dok Bentara BudayaPara pemenang kompetisi seni grafis cetak internasional Triennial Seni Grafis VI Bentara Budaya telah diumumkan pada Rabu (24/4/2019) di Bentara Budaya Jakarta.

KOMPAS.com - Pernahkah kamu membaca komik atau bahkan membuat sketsa? Komik maupun sketsa merupakan contoh karya seni grafis.

Tahukah kamu apa itu seni grafis?

Pengertian seni grafis

Dikutip dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, seni grafis adalah karya seni berbentuk dua dimensi dibuat dengan teknik cetak (manual maupun digital) yang memungkinkan pelipatgandaan karya.

Seni grafis termasuk karya seni rupa dwimatra, dibuat untuk mencurahkan ide atau gagasan dan emosi seseorang.

Seni grafis dibuat menggunakan teknik cetak sehingga memungkinkan pelipatgandaan karya tanpa menghilangkan orisinalitasnya.

Istilah grafis dalam bahasa Inggris adalah graph atau graphic yang berarti dapat membuat tulisan atau lukisan dengan cara ditoreh atau digores.

Dikutip dari Art Encyclopedia, istilah graphic adalah turunan dari bahasa Jerman graphic yang aslinya dari bahasa Yunani graphikos.

Istilah ini biasanya menunjukkan bentuk-bentuk ekspresi visual yang bergantung pada efeknya pada garis (line) dan nada (tone atau disegno) bukan warna (colorito).

Baca juga: Perencanaan Pameran Seni Rupa

Dilansir dari Kiddle.co, seni grafis adalah proses artistik untuk menciptakan desain di mana orang menggunakan media seperti (karet atau plexiglas) dan mentransfer gambar ke suatu bahan (seperti kertas).

Menurut Encyclopaedia Britannica, seni grafis adalah kategori seni rupa tradisional, termasuk segala bentuk ekspresi artistik visual (misal lukisan, gambar, fotografi, seni grafis), biasanya diproduksi pada permukaan datar.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X