Nilai-nilai Kebangsaan

Kompas.com - 03/02/2020, 21:00 WIB
Hari Juang Kartika - Drama kolosal Pertempuran Palagan Ambarawa memeriahkan peringatan Hari Juang Kartika di Lapangan Jenderal Soedirman, Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Kamis (15/12). Dalam kesempatan itu ditekankan kembali peran TNI dalam menjaga kedaulatan dan persatuan Indonesia. P RADITYA MAHENDRA YASAHari Juang Kartika - Drama kolosal Pertempuran Palagan Ambarawa memeriahkan peringatan Hari Juang Kartika di Lapangan Jenderal Soedirman, Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Kamis (15/12). Dalam kesempatan itu ditekankan kembali peran TNI dalam menjaga kedaulatan dan persatuan Indonesia.

KOMPAS.com - Dalam mewujudkan persatuan Indonesia tidak hanya melalui tahap awal pembinaan persatuan dan membutuhkan semangat para pemuda saja.

Persatuan Indonesia juga dapat terwujud engan mengangkat kembali nilai-nilai semangat juang sesuai Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Dikutip dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, berikut ini sikap-sikap positif yang sesuai dengan nilai-nilai kebangsaan:

Nilai-nilai kebangsaan

Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, nilai-nilai semangat juang perlu diangkat kembali. Khususnya nilai-nilai yang terkandung dalam UUD 1945.

Contoh sikap positif yang berkaitan dengan nilai-nilai kebangsaan yang terkandung dalam UUD 1945 adalah:

  1. Nilai religius
  2. Nilai kemanusiaan
  3. Nilai produktivitas
  4. Nilai keseimbangan
  5. Nilai demokrasi
  6. Nilai kesamaan derajat
  7. Nilai ketaatan hukum

Baca juga: Mewujudkan Persatuan Indonesia

Berikut ini penjelasannya:

1. Nilai religius

Nilai-nilai kebangsaan sesuai UUD 1945 dari segi religi antara lain:

  • Percaya dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab.
  • Hormat menghormati serta bekerja sama antara pemeluk agama dan penganut-penganut kepercayaan yang berbeda-beda sehingga terbina kerukunan hidup.
  • Saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
  • Tidak memaksakan suatu agama atau kepercayaan kepada orang lain.

2. Nilai kemanusiaan

Nilai-nilai kebangsaan sesuai UUD 1945 dari segi kemanusiaan antara lain:

Halaman:

Sumber Kemdikbud
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X