Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pergaulan Sehat dan Pergaulan Bebas

Kompas.com - 31/01/2020, 20:00 WIB
Arum Sutrisni Putri

Penulis

KOMPAS.com - Dewasa ini orang tua menghadapi sumber kekhawatiran berupa kenakalan remaja seperti tawuran, kekerasan, dan pergaulan bebas. Padahal, perilaku tersebut bertentangan dengan pergaulan sehat.

Dikutip dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, berikut ini uraian mengenai pergaulan sehat dan penyebab pergaulan bebas:

Pengertian pergaulan

Pergaulan berasal dari kata gaul. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), gaul adalah hidup berteman (bersahabat).

Pergaulan merupakan proses interaksi yang dilakukan oleh individu dengan individu atau individu dengan kelompok. Artinya, manusia sebagai makhluk sosial tidak lepas dari kebersamaan dengan manusia lain.

Dalam KBBI, sehat adalah baik seluruh badan atau bagian-bagiannya (bebas dari sakit). Sehat adalah kondisi di mana segala sesuatu berjalan normal dan bekerja sesuai fungsinya dan sebagaimana mestinya.

Secara sederhana, sehat sama dengan kondisi tidak sakit. Kata sehat tidak hanya berhubungan dengan tubuh, tetapi juga segala sesuatu yang dapat bekerja.

Jika berlangsung secara normal dan semestinya maka disebut sehat. Tetapi jika mengalami gangguan maka disebut dengan istilah tidak sehat.

Baca juga: Senam Irama: Pengertian dan Jenis

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organizations (WHO), sehat adalah keadaan yang sempurna baik fisik, mental dan sosial tidak hanya bebas dari penyakit atau kelemahan.

Definisi sehat menurut WHO maksudnya sehat secara keseluruhan baik jasmani, rohani, lingkungan beserta faktor-faktor dan komponen-komponen yang berperan di dalamnya.

Menurut WHO, sehat terdiri dari suatu kesatuan penting dari empat komponen dasar yang membentuk positive health, mencakup:

  • Sehat jasmani
  • Sehat mental
  • Sehat spiritual
  • Kesejahteraan sosial

Pergaulan sehat adalah proses interaksi yang dilakukan oleh individu dengan individu, atau individu dengan kelompok dengan normal baik tubuh, jiwa dan kehidupan sosialnya.

Pergaulan tidak sehat atau pergaulan bebas adalah salah satu bentuk perilaku menyimpang. Bebas yang dimaksud adalah melewati batas-batas norma ketimuran yang ada.

Pergaulan bebas

Pergaulan mempunyai pengaruh yang besar dalam pembentukan kepribadian seorang individu.

Masalah pergaulan bebas sering dapat dijumpai di lingkungan maupun media massa. Dari segi bahasa, pergaulan adalah proses bergaul. Sedangkan bebas artinya terlepas dari ikatan.

Jadi pergaulan bebas adalah proses bergaul dengan orang lain terlepas dari ikatan yang mengatur pergaulan.

Baca juga: Kebugaran Jasmani: Pengertian dan Manfaat

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com