Kompas.com - 31/01/2020, 16:00 WIB
Arkeolog Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur, Wicaksono Dwi Nugroho, saat melakukan observasi awal di lokasi penemuan bata kuno di sebuah lahan tebu di Dusun Krembang, Desa Rejoagung, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Senin (16/12/2019). KOMPAS.COM/HANDOUTArkeolog Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur, Wicaksono Dwi Nugroho, saat melakukan observasi awal di lokasi penemuan bata kuno di sebuah lahan tebu di Dusun Krembang, Desa Rejoagung, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Senin (16/12/2019).

KOMPAS.com - Penulisan laporan hasil observasi tidak bisa sembarangan melainkan harus mengikuti kaidah yang berlaku. Sebab, teks laporan hasil observasi mempunyai struktur tersendiri.

Tahukah kamu apa itu observasi? Apa saja struktur dan kaidah bahasa teks laporan hasil observasi?

Pengertian observasi

Observasi juga disebut pengamatan berasal dari kata amat. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), amat atau mengamati adalah melihat dan memperhatikan dengan teliti.

Dalam KBBI, observasi adalah peninjauan secara cermat. Pengamatan adalah pengawasan terhadap perbuatan (kegiatan, keadaan) orang lain, perbuatan mengamati dengan penuh atau penelitian.

Kata amat dalam Bahasa Inggris adalah observe. Menurut Kamus Oxford, observe adalah perhatikan atau rasakan (sesuatu) dan menilai hal tersebut sebagai sesuatu yang penting.

Observasi berasal dari kata bahasa Inggris observation. Menurut Kamus Oxford, pengamatan adalah tindakan memperhatikan atau seseorang atau sesuatu dengan cermat selama jangka waktu tertentu terutama untuk mempelajari sesuatu.

Dikutip dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, dalam teks laporan hasil observasi, terdapat struktur dan kaidah atau ciri bahasa teks laporan hasil obervasi.

Baca juga: Hubungan Bahasa dan Dialek

Struktur teks laporan hasil observasi

Menurut KBBI, struktur adalah susunan, bangunan atau hal yang disusun berdasarkan pola tertentu. Setiap jenis teks dibangun atau disusun dengan struktur yang berbeda.

Struktur yang berhubungan dengan organisme karangan yaitu rangka organisasi karangan yang isinya memperlihatkan susunan dan hubungan setiap hal yang akan menjadi tema dan pembahasan karangan itu.

Struktur teks laporan hasil observasi terdiri dari:

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X