Kompas.com - 30/01/2020, 19:00 WIB
Ilustrasi cuaca, pancaroba ShutterstockIlustrasi cuaca, pancaroba

KOMPAS.com - Cuaca dan iklim merupakan gejala atau peristiwa yang cukup dekat di bumi. Masing-masing memiliki kesamaan dan perbedaan.

Dilansir dari buku Weather (2001) karya Sue Nicholson, cuaca adalah keadaan udara yang terjadi di suatu tempat dengan waktu yang sempit.

Sedangkan iklim adalah pola cuaca rata-rata yang terjadi untuk waktu yang relatif lebih lama dan mencakup wilayah yang luas.

Persamaan cuaca dan iklim

Cuaca dan iklim memiliki unsur yang sama, yaitu:

  • Sinar matahari

Matahari yang memancarkan sinar dan energi ke permukaan bumi, dalam bentuk radiasi.

Sebagai sumber utama panas bumi, jumlah radiasi matahari yang sampai ke bumi mencapai 47 persen. Sisanya berada dalam partikel udara, seperti debu, uap air, dan awan.

Setiap tempat di bumi memiliki intensitas penyinaran matahari yang berbeda-beda. Hal ini disebabkan adanya transparansi atmosfer, sudut datang sinar matahari, jarak bumi dan matahari, ketinggian tempat, jarak laut, dan pengaruh angin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Mengapa Hujan Deras Selalu Diikuti Awan Mendung dan Petir?

  • Suhu udara

Suhu adalah panas atau dinginnya sebuah benda. Suhu udara atau temperatur adalah suhu panas atau dinginnya udara di suatu tempat serta waktu tertentu.

Pemanasan udara diperoleh melalui dua proses, yaitu:

  1. Pemanasan langsung, terdiri dari refleksi, difusi, dan absorpsi
  2. Pemanasan tidak langsung, terdiri dari konduksi, konveksi, dan difusi

Faktor yang memengaruhi suhu udara di antaranya tranparansi atmosfer, sdut datang sinar matahari, lama penyinaran, jarak Bumi dan Matahari, ketinggian tempat dan masih banyak lainnya.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X