Kompas.com - 24/01/2020, 14:00 WIB
Ratusan warga dari berbagai wilayah berkumpul untuk mengikuti Parade Bhinneka Tunggal Ika di kawasan Patung Kuda, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu (19/11/2016). Parade ini bertujuan merekatkan kembali rasa persatuan bangsa dan juga menjadi momentum refleksi atas sejumlah kejadian yang terjadi beberapa waktu belakangan, seperti pengeboman Gereja Oikumene, Sengkotek, Samarinda, Kalimantan Timur, pada 13 November 2016. KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNGRatusan warga dari berbagai wilayah berkumpul untuk mengikuti Parade Bhinneka Tunggal Ika di kawasan Patung Kuda, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu (19/11/2016). Parade ini bertujuan merekatkan kembali rasa persatuan bangsa dan juga menjadi momentum refleksi atas sejumlah kejadian yang terjadi beberapa waktu belakangan, seperti pengeboman Gereja Oikumene, Sengkotek, Samarinda, Kalimantan Timur, pada 13 November 2016.

KOMPAS.com - Keberadaan semboyan Bhinneka Tunggal Ika memiliki arti yang sangat penting bagi bangsa Indonesia.

Dikutip dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, arti penting Bhinneka Tunggal Ika antara lain:

  1. Pendorong lahirnya nasionalisme Indonesia.
  2. Penyemangat untuk membangun Indonesia yang lebih maju.
  3. Benteng persatuan bangsa dan negara Indonesia di era globalisasi.

Berikut ini penjelasannya:

Pendorong lahirnya nasionalisme Indonesia

Semboyan Bhinneka Tunggal Ika berarti berbeda-beda tetapi tetap satu.

Artinya meski bangsa Indonesia terdiri atas beraneka ragam perbedaan suku bangsa, kebudayaan, adat istiadat dan kepulauan tetapi secara keseluruhan merupakan satu kesatuan yaitu bangsa dan negara Indonesia.

Baca juga: Merawat Bhinneka Tunggal Ika

Lahirnya persatuan dan kesatuan Indonesia di tengah keberagaman, berdasarkan atas berbagai perasaan sebagai bangsa yang tumbuh karena:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  1. Kesatuan sejarah, maksudnya bangsa Indonesia tumbuh dan berkembang dalam suatu proses sejarah yang sama.
  2. Kesatuan nasib, artinya masyarakat di Indonesia mengalami nasib yang sama karena pernah dijajah maka harus mencapai kebahagiaan secara bersama-sama.
  3. Kesatuan kebudayaan, artinya keberagaman kebudayaan tumbuh menjadi suatu bentuk kebudayaan nasional
  4. Kesatuan asas kerohanian, ide, cita-cita dan nilai-nilai spiritualitas yang secara bersama-sama dan keseluruhan tersimpul dalam Pancasila.

Salah satu bentuk lahirnya persatuan dan kesatuan di Indonesia dari banyaknya keberagaman adalah Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928.

Peserta Kongres Pemuda tersebut berasal dari perwakilan organisasi pemuda dari berbagai daerah di nusantara pada saat itu.

Organisasi pemuda tersebut antara lain Jong Java, Jong Celebes, Jong Batak, Jong Sumatranen Bond, Jong Islamieten Bond, Sekar Rukun, PPPI, Pemuda Kaum Betawi, dan lain-lain.

Baca juga: Bhineka Tunggal Ika: Arti dan Maknanya

Penyemangat membangun Indonesia lebih maju

Setiap warga negara Indonesia dapat menerapkan Bhinneka Tunggal Ika dalam kehidupan sehari-hari.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X