Senam Irama: Pengertian dan Jenis

Kompas.com - 21/01/2020, 20:00 WIB
Pesenam artistik putri Indonesia, Rifda Irfanaluthfi melakukan lompatan nomor balok keseimbangan di Rizal Coliseum Stadion RSMC Nino Aquino, Manila, Filipina, Rabu (4/12/2019). Rifda Irfanaluthfi menyumbang medali perak di nomor balance beam putri dengan total skor sebesar 7.033. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPesenam artistik putri Indonesia, Rifda Irfanaluthfi melakukan lompatan nomor balok keseimbangan di Rizal Coliseum Stadion RSMC Nino Aquino, Manila, Filipina, Rabu (4/12/2019). Rifda Irfanaluthfi menyumbang medali perak di nomor balance beam putri dengan total skor sebesar 7.033.

KOMPAS.com - Senam (gymnastics) dapat dikelompokkan menjadi dua jenis yaitu senam irama (rhythmic gymnastics) dan senam tradisi (traditional gymnastics). Senam irama sudah berkembang sejak zaman Mesir Kuno.

Tahukah kamu apa itu senam irama?

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica, senam irama atau senam ritmik disebut rhythmic gymnastics, modern gymnastics atau rhythmic sportive gymnastics.

Senam ritmik dalah latihan fisik yang sistematis dengan bantuan alat tangan seperti tali, simpai, bola, tongkat dan pita yang dihubungkan dengan gerakan tari.

Dikutip dari Dr. Olahraga Mengenalkan Teknik Senam Dasar (2012), senam irama adalah gerakan senam yang dilakukan dengan irama musik atau latihan bebas yang dilakukan secara berirama.

Perbedaan dengan senam biasa, pada senam irama ditambahkan ritme. Jadi, senam irama adalah salah satu jenis senam yang dilakukan dengan mengikuti irama musik atau nyanyian.

Senam irama dapat dilakukan dengan atau tanpa menggunakan alat. Alat yang biasa digunakan dalam senam irama yaitu bola, tali, tongkat, simpai dan pita.

Baca juga: Senam Lantai: Pengertian, Ukuran Tempat, Tujuan, dan Teknik

Unsur penting senam irama

Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan dalam melakukan senam irama:

  • Irama

Irama yang sudah banyak dikenal antara lain 2/3, 3/4, 4/4 dan lainnya.

  • Kelentukan tubuh (flexibilitas)

Prinsip kelentukan tubuh dalam gerakan senam irama akan diperoleh dengan latihan yang tekun dan dalam waktu yang lama.

  • Kontinuitas gerakan

Kontinuitas berupa rangkaian gerak yang tidak terputus. Rangkaian gerak ini diperoleh dari gerak-gerak senam yang sudah disusun dalam bentuk rangkaian yang siap ditampilkan.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X