Kompas.com - 21/01/2020, 09:00 WIB
Puncak acara Festival Danau Sentani VII tahun 2014, sebagaimana festival sebelumnya, menampilkan tari tradisional dan upacara adat dari suku-suku yang tinggal di sekitar Danau Sentani. Tarian tradisional itu umumnya menggambarkan kegiatan rumah tangga, yakni berburu dan mencari ikan. KOMPAS/DODY WISNU PRIBADIPuncak acara Festival Danau Sentani VII tahun 2014, sebagaimana festival sebelumnya, menampilkan tari tradisional dan upacara adat dari suku-suku yang tinggal di sekitar Danau Sentani. Tarian tradisional itu umumnya menggambarkan kegiatan rumah tangga, yakni berburu dan mencari ikan.

KOMPAS.com - Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) memiliki keberagaman dalam kehidupan masyarakatnya. Keberagaman timbul karena banyak perbedaan seperti suku bangsa, ras, agama, keyakinan, ideologi politik, sosial budaya, ekonomi dan lainnya.

Sebenarnya apa saja keberagaman yang ada di Indonesia?

Jenis keberagaman Indonesia

Dikutip dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, keberagaman di Indonesia terbagi dalam beberapa jenis, yaitu:

  1. Keberagaman wilayah dan lingkungan
  2. Keberagaman suku bangsa dan budaya
  3. Keberagaman agama
  4. Keberagaman ras
  5. Keberagaman golongan
  6. Keberagaman jenis kelamin dan gender

Baca juga: Daftar Suku di Indonesia

Berikut ini penjelasan masing-masing jenis keberagaman di Indonesia tersebut:

  • Keberagaman wilayah dan lingkungan

Wilayah NKRI membentang dari Sabang sampai Merauke dengan bentuk kepulauan. Di antara ribuan pulau tersebut membentang lautan yang mencapai dua per tiga wilayah Indonesia. Maka dari itu Indonesia juga disebut negara bahari.

Secara administratif, Indonesia terdiri dari 34 provinsi yang terbagi menjadi kabupaten dan kota. Setiap wilayah memiliki ciri-ciri tersendiri yang berpengaruh langsung terhadap kondisi lingkungan termasuk flora dan fauna.

Kondisi letak daerah dan geografis secara tidak langsung juga membentuk keberagaman warga negara atau penduduk yang mendiaminya dengan berbagai aspek kehidupannya.

Keberagaman wilayah dan lingkungan Indonesia ini memiliki keindahan yang luar biasa sehingga banyak lokasi wilayah di Indonesia yang menjadi obyek wisata.

Setiap wilayah mempunyai keunggulan masing-masing seperti keindahan pesisir pantai, terumbu karang, biota laut, persawahan, hutan, perkebunan, pegunungan, padang rumput, perkotaan hingga daerah industri.

Baca juga: Mengenal Suku Bangsa di Indonesia

  • Keberagaman suku bangsa dan budaya

Suku bangsa atau kelompok etnik adalah kesatuan hidup manusia yang mempunyai sistem interaksi, sistem norma yang mengatur interaksi tersebut, ada kontinuitas dan rasa identitas yang mempersatukan semua anggota, serta memiliki sistem kepemimpinan tersendiri.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X