Kompas.com - 14/01/2020, 07:00 WIB
ilustrasi ubur-ubur iStockphotoilustrasi ubur-ubur

KOMPAS.com - Tak seorang pun menyukai menjadi tua meski proses menua tidak dapat dihindari dalam kehidupan makhluk hidup.

Dalam bahasa Inggris dikenal istilah senescence yang artinya penuaan. Penuaan adalah keadaan kemunduran fungsi normal secara bertahap.

Pada tingkat sel, itu berarti sel berhenti membelah dan akhirnya mati. Hal ini terjadi pada seluruh organisme, pada organ dan jaringan tubuh.

Meskipun ada cara-cara yang dapat dilakukan untuk memperlambat bahkan mempercepat tingkat penuaan. Namun beberapa spesies dapat terhindar dari proses penuaan sepenuhnya.

Baca juga: INFOGRAFIK: Mengenal Ubur-ubur dan Cara Menangani Sengatannya

Biologically immortal

Dikutip dari Australian Academy of Science, terdapat sejumlah spesies yang benar-benar secara teknis immortal dan selamanya muda. Kondisi tersebut disebut juga organisme abadi secara biologis (biologically immortal).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski tampak paradoksal, organisme abadi biologis ini sudah pasti fana (mortal). Tetapi tidak seperti manusia, spesies jenis ini jarang mengalami kematian akibat menjadi tua. Dengan kata lain, organisme immortal biologis ini memang bisa mati dan terlihat tidak menua.

Spesies ini tetap bisa mati bila dibunuh predator, terkena penyakit, mengalami bencana seperti perubahan lingkungan atau letusan gunung berapi.

Lalu apa sajakah yang termasuk organisme abadi secara biologis?

Organisme biological immortal

Berikut ini beberapa spesies yang disebut sebagai organisme abadi secara biologis, antara lain:

Baca juga: Fakta Menarik Ubur-ubur, Hewan Purba hingga Pernah ke Luar Angkasa

Ubur-ubur (Turritopsis dohrnii)

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.