Kompas.com - 23/12/2019, 16:00 WIB
Seminar Ketransmigrasian. Indonesia terbukti belum mampu memenuhi kebutuhan pangan dari produksinya sendiri, kata Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT), dan Transmigrasi. Upaya meningkatkan ketahanan pangan, salah satunya, melalui program transmigrasi. Josephus PrimusSeminar Ketransmigrasian. Indonesia terbukti belum mampu memenuhi kebutuhan pangan dari produksinya sendiri, kata Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT), dan Transmigrasi. Upaya meningkatkan ketahanan pangan, salah satunya, melalui program transmigrasi.

KOMPAS.com - Indonesia punya program memindahkan penduduk dari suatu daerah ke daerah lain.

Biasanya pemindahan dilakukan dari daerah yang padat penduduknya ke daerah yang kurang padat penduduk. Itu dikenal dengan sebutan Transmigrasi.

Dilansir dari situs Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (kemendesa), transmigrasi merupakan langkah konkret dan nyata untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Transmigrasi adalah berpindahnya warga secara sukarela ke Wilayah Pengembangan Transmigrasi (WPT) atau lokasi permukiman.

Baca juga: Jelang Hari Guru Nasional, Kisah Inspiratif Diana Indrawati Berjuang di Pedalaman Transmigrasi

Pada umumnya, warga yang ikut transmigrasi itu yang keadaan sosial ekonominya lemah. Tapi mereka punya tekad dan semangat untuk meningkat kesejahteraannya.

Keikutsertaan transmigrasi ini didasari atas kesukarelaan. Selain itu, pesertanya harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan pemerintah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tujuan Transmigrasi

Program transmigrasi ini punya tujuan mengurangi kemiskinan dan kepadatan pendudukan. Selain itu untuk pemerataan dan persebaran penduduk.

Biasanya, program ini diikuti mereka yang tinggal di Pulau Jawa untuk pindah ke luar pulau Jawa, seperti Sumatera, Kalimantan hingga Sulawesi.

Perpindahan memberikan kesempatan bagi orang yang mau bekerja dan memenuhi kebutuhan tenaga kerja untuk mengolah atau mengembangkan sumber daya alam.

Baca juga: Ibu Kota Pindah ke Luar Jawa, Berapa Jumlah ASN yang Akan Transmigrasi?

Dalam program ini, warga akan mendapatkan pendidikan dan pelatihan. Selain itu ada pemberian motivasi untuk meningkatkan pengertian, pemahaman dan perubahan sikap.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X