Sejarah SEA Games dan Tujuannya

Kompas.com - 13/12/2019, 14:30 WIB
Kontingen Indonesia berparade bersama kontingen 10 negara lainnya dalam upacara penutupan SEA Games ke-30 di Stadion Atletik New Clark, Filipina, Rabu (11/12/2019). SEA Games ke-30 di Filipina resmi ditutup dan akan digelar kembali di Vietnam pada 2021. ANTARA FOTO/NYOMAN BUDHIANAKontingen Indonesia berparade bersama kontingen 10 negara lainnya dalam upacara penutupan SEA Games ke-30 di Stadion Atletik New Clark, Filipina, Rabu (11/12/2019). SEA Games ke-30 di Filipina resmi ditutup dan akan digelar kembali di Vietnam pada 2021.

KOMPAS.com - SEA Games adalah singkatan dari South East Asian Games.

SEA Games adalah ajang olahraga bagi atlet-atlet negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

Tujuannya, SEA Games menjadi acara olahraga regional akan membantu meningkatkan kerjasama, pemahaman dan hubungan antarnegara di kawasan Asia Tenggara.

SEA Games diadakan secara rutin tiap dua tahun sekali. Periode pelaksanaan SEA Games selama 12 hari, termasuk upacara pembukaan dan penutupan.

Siapa yang mengadakan SEA Games?

Baca juga: Sesmenpora: Indonesia Patut Berbangga dengan Pencapaian SEA Games 2019

SEA Games diselenggarakan oleh Southeast Asian Games Federation (SEAGF) di bawah pengawasan Komite Olimpiade Internasional atau International Olympic Comittee (IOC) dan Dewan Olimpiade Asia atau Olympic Council of Asia (OCA).

Komite Olimpiade Internasional atau International Olympic Comittee (IOC) adalah organisasi internasional independen nirlaba yang berkomitmen membangun dunia yang lebih baik melalui olahraga.

Dilansir dari olympic.org, IOC dibentuk pada 23 Juni 1894 oleh Pierre de Coubertin, tepat dua tahun sebelum olimpiade pertama era modern yang diadakan pada April 1896.

IOC adalah otoritas atau pemegang wewenang tertinggi Gerakan Olimpiade (Olympic Movement).

Anggota IOC adalah orang perseorangan yaitu perwakilan IOC di negara mereka masing-masing dan bukan delegasi dari negara-negara.

Baca juga: Sesuai Arahan Presiden, Kemenpora Pastikan Bonus bagi Atlet SEA Games 2019 Naik

Sedangkan Olympic Council of Asia (OCA) adalah badan olahraga puncak yang mengendalikan semua olahraga di Asia. OCA dibentuk pada 1982 dengan kantor pusat permanen di Kuwait.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X