Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pengertian dan Jenis-jenis Fonetik

Pengertian fonetik

Fonetik adalah cabang fonologi yang mempelajari tata bunyi yang tidak berkaitan dengan pembeda makna. Sedangkan, fonologi sendiri cabang dari ilmu linguistik yang mempelajari bunyi bahasa. 

Fonetik mengkaji tentang penyampaian, dan penerimaan bunyi bahasa. Fonetik berkaitan erat dengan  ilmu fisika, anatomi, dan psikologi.

Dalam cabang linguistik, fonetik sebagai proses mengkaji tentang bunyi bahasa yang tidak berkaitan dengan pembeda makna.

Artinya, fonetik tidak memperhatikan apakah bunyi tersebut mempunyai fungsi sebagai pembeda makna, misalnya proses pengucapan vokal [a, i, u], kosonan [b, p, g].

Jenis-jenis fonetik

Beberapa jenis-jenis fonetik, antara lain:

  • Fonetik artikulatoris, organis, atau fisiologi

Fonetik artikulatoris bisa disebut juga sebagai fonetik organis atau fonetik fisiologi. Pada jenis fonetik ini mempelajari bagaimana proses alat-alat bicara yang ada di dalam tubuh manusia menghasilkan bunyi bahasa.

Pada jenis fonetik ini mengkaji mengenai peran dari organ wicara terhadap penghasilan bunyi bahasa manusia dan mengkaji mengenai proses terjadinya bunyi bahasa yang dilakukan oleh organ-organ wicara. 

  • Fonetik akustis

Fonetik akustis mempelajari bunyi bahasa ketika merambat di udara, berupa gelombang bunyi beserta frekuensi dan kecepatan ketika merambat di udara, spektrum, tekanan, getarannya, amplitudo, istensitasnya, timbrenya, dan lain-lain,

  • Fonetik auditoris atau persepsi

Fonetik auditoris bisa disebut juga dengan fonetik persepsi. Pada jenis fonetik ini mempelajari bagaimana proses telinga menerima bunyi Bahasa sebagai getaran udara. 

Fonetik auditoris mengkaji tentang proses bunyi bahasa yang diterima oleh indra pendengaran manusia sehingga bunyi bahasa tersebut mudah untuk dipahami.             

Referensi:

Yuliati, Ria, Frida Unsiah. Fonologi. 2018. Malang : UB Press

https://www.kompas.com/skola/read/2023/03/10/060000969/pengertian-dan-jenis-jenis-fonetik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke