Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Urutan Sistem Organisasi Kehidupan

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Provinsi Jambi 

KOMPAS.com - Sistem organisasi kehidupan adalah suatu sistem pada organisme yang dimulai dari molekul, sel, jaringan, organ, sistem organ, membentuk organisme, populasi, komunitas, ekosistem, biorma, dan biosfer. 

Berikut urutan sistem organisasi kehidupan, yaitu: 

Molekul

Molekul adalah partikel penyusun organisme yang terdiri dari dua atom atau lebih. Atom sendiri adalah unit terkecil dari semua unsur kimia. Molekul juga memiliki bentuk, struktur serta sifat kimia maupun fisika yang akan membentuk suatu zat tertentu.

Molekul akan lebih mudah ditemukan seperti pada makhluk hidup maupun makhluk mati. Selain itu, molekul akan dibedakan menjadi dua jenis seperti molekul unsur dan molekul senyawa.

Biomolekul atau molekul organik yang begitu kompleks pada makhluk hidup adalah seperti asam nukleat atau DNA dan RNA, protein, karbohidrat, lemak dan juga vitamin.

Organel

Organel merupakan struktur subselular yang didalamnya memiliki satu atau lebih pekerjaan yang spesifik untuk dilakukannya di dalam suatu sel, seperti organ tubuh.

Organel adalah unit tertutup yang secara terpisah di dalam lapisan ganda lipidnya sendiri atau biasa disebut sebagai organel terikat membaral.

Organel juga bisa diartikan sebagai unit fungsional yang berada secara spasial tanpa memiliki lapisan ganda lipid disekitarnya atau organel terikat non membrane.

Organel dapat diidentifikasi secara mikroskopis dan bisa dimurnikan dengan fraksinasi sel. Ada banyak jenis organel, khususnya pada sel eukariota.

Di mana mereka juga masuk ke dalam struktur pembentukan sistem endomembrane internal seperti selubung inti, retikulum endoplasma serta badan golgi dan juga struktur lain seperti mitokondria dan plastida.

Sel

Sel adalah struktur fungsional yang paling kecil dalam suatu organisme. Ada dua jenis sel yang bis akita ketahui yaitu sel tumbuhan yang memiliki sel kaku yang terbuat dari molekul selulosa dan juga sel hewan yang memiliki membran sel fleksibel.

Sel juga bisa melakukan aktivitas serta reaksi kimia dalam proses mempertahankan keberlangsungan hidupnya di dalam sel itu sendiri.

Ada tiga jenis sel yang memiliki peranan penting seperti mitokondria, ribosom dan nukleus. Di mana mitokondria memiliki fungsi sebagai tempat respirasi sel.

Jaringan

Berikutnya, ada jaringan yang juga masuk ke dalam sistem organisasi kehidupan. Jaringan sendiri merupakan sekumpulan sel yang memiliki fungsi tertentu dalam tubuh setiap makhluk hidup di dunia ini.

Dari penjelasan tersebut bisa ditarik kesimpulan jika jaringan terbuat dari sel yang bekerja sama untuk melakukan tugas tertentu.

Jaringan juga memiliki peran penting dalam proses pembentukan struktur dasar pada bagian tubuh makhluk hidup.

Organ

Berikutnya, ada organ yang juga masuk ke dalam kelompok jaringan yang bisa melakukan beberapa fungsi. Organ juga bisa diartikan sebagai sekelompok jaringan organisme hidup yang bisa melakukan fungsi-fungsi tertentu.

Contoh dari organ hewan di antaranya otak, jantung dan paru-paru. Untuk contoh organ pada tumbuhan seperti akar, daun dan batang. Sedangkan contoh dari organ manusia adalah seperti jantung, ginjal, hati, limpa dan usus serta organ luar tubuh manusia seperti kaki, tangan dan kulit.

Sistem organ

Dalam tubuh makhluk hidup terhadap organ tertentu yang bersatu hingga membentuk suatu sistem organ. Sistem organ memiliki peranan yang lebih besar dalam kehidupan suatu organisme atau makhluk hidup.

Sistem organ bisa juga diartikan sebagai sekumpulan organ yang bekerja sama dalam menjalankan setiap fungsi tubuh tertentu.

Misalnya pada sistem pernapasan yang menggunakan paru-paru, saluran udara dan juga otot pernapasan untuk bisa menghirup oksigen serta melepaskan karbon dioksida pada hewan.

Organisme

Sistem organ akan bekerja sama serta Menyusun tubuh organisme. Organisme sendiri adalah makhluk hidup yang terdiri dari banyak komponen. Komponen ini nantinya akan saling terkait dan bekerja sama untuk bisa mencapai tujuan yang sama.

Organisme juga bisa diartikan sebagai individu maupun spesies yang bisa diidentifikasikan. Organisme hadir dalam berbagai macam ukuran, bentuk serta gaya hidup. Meski begitu, organisme masih terbiasa dengan beberapa ciri yang sama.

Populasi

Di mana populasi merupakan sekelompok organisme berganda dari spesies yang sama pada wilayah tertentu. Sebagai contoh dari populasi adalah singa yang ada di Kenya, Afrika.

Populasi dapat tumbuh ketika jumlah kelahiran melebihi jumlah kematian. Atau bisa juga ketika mereka menerima migrasi individu dari populasi lainnya.

Namun sebaliknya, kondisi populasi akan menurun ketika jumlah kematian melebihi dari jumlah kelahiran atau mungkin sejumlah individu tertentu melakukan migrasi ke populasi sebaliknya.

Komunitas

Komunitas adalah sekumpulan populasi makhluk hidup dari berbagai sepsis yang hidup serta melakukan interaksi pada suatu wilayah tertentu.

Atau populasi juga bisa diartikan sebagai suatu komunitas yang didalamnya terdiri dari semua spesies yang berbeda dalam suatu wilayah tertentu.

Ekosistem

Ekosistem adalah sekumpulan faktor biotik atau unsur hidup dan abiotik atau unsur tidak hidup. Di mana dalam ekosistem kedua faktor tersebut akan hidup saling berdampingan, berinteraksi serta melakukan pembentukan hubungan timbal balik.

Selain itu, ekosistem juga kerap disebut sebagai sistem lingkungan. Sebagai contohnya adalah komunitas ikan air tawar yang akan selalu berhubungan dengan kolam ikan, air, udara, tanah serta sinar matahari.

Lalu, contoh yang kedua adalah ekosistem yang ada di Kawasan hutan tropis yang terdiri dari berbagai macam hewan dan tumbuhan.

Bioma

Berikutnya, ada bioma yang merupakan komunitas dan di dalamnya terdapat hewan serta tumbuhan dengan karakteristik yang sama pada lingkungan dimana mereka tempati.

Biasanya, hewan maupun tumbuhan tersebut akan mampu beradaptasi karena adanya pengaruh oleh iklim regional.

Suatu bioma bisa ditandai dengan adanya komunitas tumbuhan dan juga hewan khas. Di bumi, bioma bisa dikelompokkan menjadi tujuh jenis bioma utama. Mulai dari hutan hujan tropis, sabana, padang rumput, gurun, hutan gugur, tundra serta taiga.

Biosfer

Biosfer merupakan semua ekosistem yang ada di bumi dan nantinya akan digabungkan atau disatukan. Setiap hewan, tumbuhan, bakteri, batuan serta molekul merupakan bagian dari biosfer bumi.

Biosfer juga bisa mencakup udara, daratan serta air yang memungkinkan kehidupan dan juga proses biotik bisa tetap berlangsung.

Biosfer adalah suatu sistem ekologis global yang mampu menyatukan seluruh makhluk hidup serta hubungan antar mereka. Termasuk juga interaksi dengan unsur lain seperti unsur litosfer atau batuan, hidrosfer atau air dan atmosfer atau udara.

Suka baca tulisan-tulisan seperti ini? Bantu kami meningkatkan kualitas dengan mengisi survei Manfaat Kolom Skola

https://www.kompas.com/skola/read/2023/01/10/200000969/urutan-sistem-organisasi-kehidupan

Terkini Lainnya

3 Wujud Kebudayaan beserta Contohnya

3 Wujud Kebudayaan beserta Contohnya

Skola
4 Struktur Pelindung Mata, Apa Saja Itu?

4 Struktur Pelindung Mata, Apa Saja Itu?

Skola
Macam-macam Gangguan Telinga dan Penyebabnya

Macam-macam Gangguan Telinga dan Penyebabnya

Skola
Sifat-sifat Kebudayaan beserta Contohnya

Sifat-sifat Kebudayaan beserta Contohnya

Skola
5 Cara Penerapan Ragam Hias pada Bahan Tekstil

5 Cara Penerapan Ragam Hias pada Bahan Tekstil

Skola
Mengenal 4 Jenis Seni Grafis

Mengenal 4 Jenis Seni Grafis

Skola
Mengenal 5 Tema dalam Seni Lukis

Mengenal 5 Tema dalam Seni Lukis

Skola
Faktor Risiko, Diagnosis, dan Pencegahan Kleptomania

Faktor Risiko, Diagnosis, dan Pencegahan Kleptomania

Skola
Pengertian, Gejala, Penyebab dari Kleptomania

Pengertian, Gejala, Penyebab dari Kleptomania

Skola
Pengertian dan Gejala Cairan Paru-paru atau Efusi Pleura

Pengertian dan Gejala Cairan Paru-paru atau Efusi Pleura

Skola
Model Komunikasi Newcomb: Asumsi dan Contohnya

Model Komunikasi Newcomb: Asumsi dan Contohnya

Skola
Apa yang Dimaksud dengan Anak Mandiri?

Apa yang Dimaksud dengan Anak Mandiri?

Skola
Bagaimana Cara Menghargai Pekerjaan Seseorang?

Bagaimana Cara Menghargai Pekerjaan Seseorang?

Skola
5 Manfaat Debat yang Harus Kamu Ketahui

5 Manfaat Debat yang Harus Kamu Ketahui

Skola
Mengenal 5 Bahaya Penyalahgunan Narkoba

Mengenal 5 Bahaya Penyalahgunan Narkoba

Skola
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke