Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hubungan antara Modernisasi dan Globalisasi

KOMPAS.com - Modernisasi dan globalisasi tak akan bisa dipisahkan satu sama lain. Sebab keduanya saling berkaitan dan memengaruhi satu sama lain.

Walau begitu, kedua istilah itu juga memiliki makna berbeda.

Modernisasi lebih mengacu pada perubahan masyarakat tradisional ke modern. Sedangkan globalisasi merujuk pada proses hilangnya batasan antarnegara di dunia.

Pengertian modernisasi dan globalisasi

Dikutip dari buku Sosiologi Pendidikan (2022) oleh Akmal Ramdhan, modernisasi adalah transformasi sosial dan ekonomi dalam masyarakat.

Modernisasi adalah perubahan keadaan masyarakat tradisional menjadi modern, baik dari segi sikap, kepemilikan, hubungan, maupun nilai.

Sementara itu, menurut Helena Ras Ulina Sembiring dan Ima Rohimah dalam buku Daya Saing Indonesia di Era Globalisasi (2019), globalisasi adalah proses integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan dan pemikiran.

Globalisasi berasal dari bahasa Inggris, globalize berarti menyeluruh atau universal. Diberi penambahan ization pada kata globalization artinya proses mendunia.

Dengan demikian, globalisasi ialah proses mendunianya suatu hal.

Kaitan antara modernisasi dan globalisasi

Hubungan modernisasi dan globalisasi adalah keduanya merupakan dampak atau pengaruh langsung dari proses perubahan sosial.

Meski ruang lingkup modernisasi tidak begitu luas, tetapi mampu melahirkan globalisasi beserta dampaknya yang begitu besar dalam kehidupan masyarakat.

Contohnya perubahan masyarakat tradisional ke modern dapat menghadirkan perkembangan teknologi yang begitu besar dampaknya.

Dilansir dari buku Tari Bedhaya dan Bedhayan: Kajian Ideologis dan Historis (2021) oleh Sawitri, globalisasi merupakan konsekuensi lanjutan dari modernisasi.

Globalisasi tertuju pada rekatnya hubungan antarnegara di dunia, sebagai akibat dari kemunculan modernisasi yang mengarah pada kehidupan sosial manusia.

Hubungan modernisasi dan globalisasi adalah perubahan masyarakat tradisional ke modern yang membuat seluruh warga dunia terintegrasi secara internasional.

https://www.kompas.com/skola/read/2022/06/28/080000569/hubungan-antara-modernisasi-dan-globalisasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke