Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Alasan Kronologi Diperlukan dalam Sejarah

KOMPAS.com - Dalam sejarah dikenal konsep kronologi. Konsep ini memudahkan manusia memahami peristiwa sejarah di masa lampau.

Secara harfiah, kronologi diartikan sebagai urutan waktu dari berbagai kejadian atau peristiwa. Bisa pula dikaitkan dengan sistem penanggalan yang digunakan dalam sejarah.

Konsep kronologi dalam sejarah sangatlah penting dan diperlukan, terutama untuk mengungkap bagaimana urutan peristiwa di masa lampau.

Mengapa dalam sejarah kronologi diperlukan?

Kronologi diperlukan dalam sejarah karena dipakai untuk mencari tahu secara spesifik mengenai rincian awal terjadinya peristiwa, mulai dari awal hingga akhir.

Menurut Syafrizal, dkk dalam buku Pengantar Ilmu Sosial (2021), kronologi adalah ilmu untuk menentukan waktu dan tempat terjadinya peristiwa secara tepat berdasarkan urutan waktu.

Konsep kronologi bertujuan untuk menghindari anakronisme atau kerancuan waktu dalam sejarah, serta memudahkan proses pemahaman peristiwa.

Dengan memahami konsep kronologi, berbagai peristiwa sejarah di masa lampau dapat direkonstruksi kembali secara tepat berdasarkan urutan waktu terjadinya.

Dilansir dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), konsep kronologi juga diperlukan dalam sejarah untuk mempelajari kejadian sejarah sesuai urutan waktu.

Adapun tiap peristiwa sejarah yang sedang dipelajari akan dikumpulkan dan diurutkan sesuai kronologi, agar berurutan dan saling berkesinambungan satu sama lain.

Kesimpulannya, ada dua alasan mengapa dalam sejarah kronologi diperlukan:

  • Guna menghindari anakronisme atau kerancuan waktu dalam sejarah
    Anakronisme juga bisa dimaknai sebagai banyaknya peristiwa yang saling tumpang-tindih satu sama lain.
  • Mempermudah proses pemahaman peristiwa sejarah
    Dengan mengusung konsep kronologi, berbagai peristiwa di masa lampau akan diurutkan berdasarkan urutan waktu terjadinya. Sehingga proses pembelajaran, pemaknaan, maupun pemahaman peristiwanya menjadi lebih mudah.

https://www.kompas.com/skola/read/2022/05/12/080000869/alasan-kronologi-diperlukan-dalam-sejarah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke