Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Contoh Pembukaan Teks Pidato Persuasif Tema Kreativitas Pemuda

KOMPAS.com - Pidato persuasif adalah jenis pidato yang isinya bersifat mengajak atau memotivasi pendengar untuk menyetujui serta mengubah pandangannya mengenai suatu hal, dan melakukannya secara sukarela atau tanpa paksaan.

Menurut Isma Tantawi dalam buku Terampil Berbahasa Indonesia (Untuk Perguruan Tinggi) (2019), tujuan utama pidato persuasif ialah mengajak dan memengaruhi pendengar. Mulai dari mengubah pemikiran hingga melakukannya lewat tindakan.

Dalam memengaruhi pendengar, orator (orang yang berpidato) harus menyampaikan bukti, fakta, serta alasan yang bisa diterima oleh akal sehat.

Struktur teks pidato persuasif

Pada dasarnya, struktur teks pidato persuasif sama dengan struktur teks pidato pada umumnya, yakni pembuka, isi, dan penutup atau kesimpulan. Perbedaanya hanya terletak pada bahasa yang digunakan.

Jenis teks pidato persuasif menggunakan bahasa atau kalimat yang sifatnya persuasif atau membujuk. Sedangkan pada teks pidato biasa, bahasa atau bentuk kalimat yang digunakan menyesuaikan tema pidatonya.

Berikut penjelasan struktur teks pidato yang dikutip dari buku Lancar Pidato & Public Speaking Tanpa Grogi Tanpa Panik (2021) kaya Destila Vitisfera Putri:

  • Pembuka

Berisikan salam pembuka, pengenalan diri, serta pengenalan awal pada topik yang akan dibahas.

  • Isi

Berisikan penjelasan serta pendapat penulis tentang topik yang dibahas.

  • Penutup

Berisikan kesimpulan serta kalimat ajakan kepada pembaca.

Contoh teks pidato persuasif tema kreativitas pemuda

Berikut contoh pembukaan teks pidato persuasif dengan tema kreativitas pemuda: 

Selamat pagi saya sampaikan kepada Bapak/Ibu dan teman-teman sekalian. Mari kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat serta perlindungan-Nya, kita bisa berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat.

Perkenalkan saya Edo Alfianus, siswa SMP Harapan Bangsa. Pada kesempatan yang berbahagia ini, izinkan saya menyampaikan pemikiran atau pendapat saya tentang kreativitas pemuda.

Kreativitas merupakan daya cipta atau kemampuan untuk menciptakan suatu hal. Kreativitas bisa dimiliki oleh setiap orang, termasuk pemuda. Kreativitas memampukan orang untuk berinovasi atau menciptakan hal yang baru.

Kreativitas pemuda berarti para pemuda mampu berkarya dan berinovasi untuk menciptakan suatu hal yang baru bagi bangsa dan negaranya. Misalnya menciptakan teknologi atau membuat karya seni yang indah.

https://www.kompas.com/skola/read/2021/11/08/134343069/contoh-pembukaan-teks-pidato-persuasif-tema-kreativitas-pemuda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke