Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jenis-jenis Buku Fiksi

KOMPAS.com - Buku bisa dikelompokkan menjadi dua jenis, yakni buku nonfiksi dan buku fiksi. Kedua jenis buku ini berbeda satu sama lain. Perbedaan ini terletak pada buah pemikiran penulis ketika membuat suatu karya.

Buku yang berisi kisahan atau cerita yang dibuat berdasarkan khayalan atau imajinasi pengarang. pernyataan tersebut merupakan pengertian dari buku fiksi.

Dalam buku Meraih Passive Income dari Menulis (2008) karya Ahmad Bahar, buku fiksi merupakan karya tulis yang berbentuk khayalan, imajinasi dan tidak berdasarkan kenyataan atau fakta. Dalam buku fiksi, imajinasi penulis menjadi sumber ide utama ketika membuat karya.

Jenis-jenis buku fiksi

Karya buku fiksi dibagi menjadi empat jenis. Berikut ini termasuk jenis-jenis buku fiksi, yaitu:

  • Cerpen

Cerpen merupakan singkatan dari cerita pendek. Sesuai dengan namanya, isi atau tulisannya pendek dan tidak sepanjang novel. Biasanya cerpen menjadi langkah utama bagi penulis untuk belajar membuat karya tulisnya.

Mayoritas cerita pendek termasuk karya fiksi karena susunan ceritanya disesuaikan dengan imajinasi penulis. Dalam karya cerpen, penulis akan menuangkan intepretasi dan imajinasinya mengenai tema, alur cerita hingga penokohan.

  • Novel

Sekilas novel hampir mirip dengan cerpen. Perbedaannya terletak pada isi dan susunan ceritanya. Isi novel lebih panjang dibanding cerpen. Sedangkan untuk susunan ceritanya, novel lebih kompleks dibanding cerpen.

Kompleks artinya lebih lengkap, mulai dari kisah awal, permasalahan dan klimaks hingga penyelesaian masalah. Dalam membuat novel, penulis juga memadukan unsur imajinasi, kreativitas dan intepretasinya. Selain itu, novel juga memberi ruang kepada pembaca untuk berimajinasi mengenai cerita novelnya.

  • Puisi

Puisi termasuk dalam buku fiksi. Puisi merupakan karya sastra yang gaya bahasanya memperhatikan irama, rima dan penyusunan baitnya. Umumnya, pembuat puisi menggunakan majas tertentu dalam penyusunan kata.

Pembuat puisi juga akan menggunakan imajinasi dan intepretasinya dalam membuat karya. Begitu pula pembaca yang bebas berimajinasi dan menggunakan intepretasinya dalam membaca serta memaknai karya sastra puisi.

  • Cerita rakyat

Cerita rakyat merupakan cerita kehidupan masa lampau masyarakat suatu daerah. Biasanya cerita rakyat berasal dari kisah yang diyakini kebenarannya dan diwariskan secara turun temurun. Berbeda dengan jenis buku fiksi lainnya, cerita rakyat sangat kental dengan budaya suatu daerah.

Jika dikelompokkan, cerita rakyat termasuk dalam dongeng. Cerita rakyat bisa dibagi menjadi beberapa jenis seperti fabel (cerita binatang), legenda (kisah terjadinya suatu wilayah), dan lain sebagainya.

https://www.kompas.com/skola/read/2021/05/25/130831469/jenis-jenis-buku-fiksi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke