Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jenis Iklim yang Memengaruhi Iklim di Indonesia

Wilayah Indonesia terletak di antara garis linyang 6° LU—11° LS dan 95° BT— 141° BT. Di mana Indonesia juga dilalui angin muson barat dan timur. 

Berdasarkan buku Ribuan Gunung, Ribuan Alat Batu: Prasejarah Song Keplek, Gunung Sewu, Jawa Timur (2007) karya Hubert Forestier, mekanisme iklim ditentukan oleh pergerakan Inter Tropical Convergence Zone (ITCZ). Di mana iklim Indonesia tergolong panas dan lembap sepanjang tahun.

Indonesia terletak di antara angin muson khatukistiwa dan tropis di belahan bumi selatan serta angin musin tropis di belahan bumi utara, maka Indonesia memiliki beberapa iklim. 

Pulau Jawa adalah contoh sempurna dari kontras iklim dengan dua tipe yang berbeda. Di sebelah barat pulau, iklim cenderung tropis dan semi lembap.

Sementara di sebelah timur, iklim semi-kemarau. Pulau Bali dan Lombok mengalami pembagian iklim yang sama.

Jenis iklim di Indonesia

Wilayah Indonesia yang dikelilingi perairan luas dan beriklim tropis dengan suhu udara tinggi mengakibatkan terjadinya penguapan air laut.

Dengan demikian, udara menjadi lembap dan curah hujan tinggi.

Dikutip situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), secara umum, keadaan iklim di Indonesia dipengaruhi oleh tiga jenis iklim, yaitu iklim musim, iklim laut, dan iklim panas.

Berikut penjelasannya:

Iklim musim (muson)

Iklim musim dipengaruhi oleh angin musim yang berubah-ubah setiap periode tertentu.

Iklim musim terdiri dari angin muson barat yang bertiup pada bulan Oktober hingga April, yang sifatnya membawa musim hujan.

Angin muson timur yang bertiup sekitar bulan April hingga Oktober yang sifatnya kering. Biasanya itu mengakibatkan wilayah Indonesia mengalami musim kemarau.

Iklim laut

Iklim laut terjadi karena Indonesia berbentuk kepulauan dan memiliki laut yang luas. Maka, banyak menimbulkan penguapan dan akhirnya mengakibatkan terjadinya hujan.

Wilayah Indonesia yang berbentuk kepulauan menyebabkan iklim hampir di semua daerah sangat dipengaruhi oleh pengaruh angin lokal, seperti pengaruh angin darat dan angin laut.

Iklim panas

Iklim panas terjadi karena Indonesia ada di daerah tropis, di mana suhu yang tinggi mengakibatkan penguapan yang tinggi dan berpotensi terjadinya hujan.

Variasi curah hujan di Indonesia terlihat jelas berdasarkan penyebaran pegunungan dan dominannya arah angin.

https://www.kompas.com/skola/read/2020/07/01/123000069/jenis-iklim-yang-memengaruhi-iklim-di-indonesia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke