Studi Sebut Stres Akibat Keuangan Paling Berdampak bagi Kesehatan

Kompas.com - 04/02/2024, 09:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Tekanan finansial dapat berdampak lebih bagi kesehatan mental seseorang. Sebuah penelitian di Inggris menemukan bukti bahwa stres karena uang berkaitan dengan perubahan jangka panjang pada penanda kesehatan utama, termasuk perubahan yang terkait dengan sistem kekebalan tubuh, sistem saraf, dan sistem hormonal.

Para ilmuwan di University College London (UCL) dan Kings College, Inggris, mengatakan bahwa analisis mereka yang pertama adalah mengeksplorasi bagaimana berbagai jenis stres kronis berhubungan dengan penanda kesehatan pada kelompok lansia.

Data untuk penelitian ini mencakup hampir 5.000 orang dewasa yang berusia di atas 50 tahun.

Stres keuangan paling berdampak bagi kesehatan

Dari keenam penyebab stres umum yang diteliti dalam kelompok ini, termasuk tekanan keuangan, pengasuhan anak, kecacatan, kehilangan, penyakit, dan perceraian, tekanan keuangan dikaitkan dengan profil kesehatan yang paling berisiko dalam jangka panjang.

Baca juga: Makan Makanan Berlemak Saat Stres Bisa Berdampak Buruk bagi Tubuh, Ini Kata Penelitian

Profil risiko ini ditentukan dengan menggunakan empat penanda dalam darah, yakni kortisol, yang merupakan hormon yang diproduksi sebagai respons terhadap stres, protein C-reaktif (CRP) dan fibrinogen, yang merupakan pemain kekebalan yang merespons peradangan, dan faktor pertumbuhan insulin-1. (IGF-1), yang terkait dengan penuaan dan umur panjang.

Peserta penelitian yang dilaporkan mengalami stres secara umum, 61 persen lebih mungkin masuk dalam kategori risiko tinggi dibandingkan kategori risiko sedang atau rendah setelah empat tahun masa tindak lanjut.

Namun, orang-orang yang stres karena keuangan saja, hampir 60 persen lebih mungkin menunjukkan profil risiko tinggi empat tahun kemudian.

Untuk setiap tekanan tambahan, seperti perceraian, kemungkinannya melonjak sebesar 19 persen.

Asosiasi ini tetap signifikan, terlepas dari faktor genetika, sosial ekonomi, usia, jenis kelamin, atau gaya hidup.