Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penampakan Pertama di Dunia Bayi Hiu Putih yang Baru Lahir

Kompas.com - 31/01/2024, 18:04 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seorang pembuat film satwa liar dan mahasiswa biologi telah merekam sesuatu yang telah lama dicari para ilmuwan: penampakan hiu putih yang baru lahir untuk pertama kalinya.

Anak hiu putih itu terlihat beberapa ratus meter di lepas pantai Santa Barbara, California, pada bulan Juli tahun lalu dalam beberapa rekaman drone yang ditangkap oleh pembuat film Carlos Gauna.

Baca juga: Fakta-fakta Hiu Putih Besar, Ikan Predator Terbesar di Dunia

Mengutip Science Alert, Selasa (30/1/2024) dengan dua matanya yang hitam menyembul di atas permukaan laut dan tubuhnya yang berwarna putih susu di bawahnya, itu bisa disalahartikan sebagai dugong atau manatee.

Namun penampakan dengan moncongnya yang menonjol, tubuhnya yang ramping, dan sirip ekornya yang bersudut membuatnya tidak bisa diragukan lagi sebagai hiu putih.

Hiu betina hamil

Hiu putih (Carcharodon carcharias), juga dikenal sebagai hiu putih besar, biasanya berwarna abu-abu di bagian atas dengan perut berwarna putih terang.

Betina yang hamil akan menghasilkan 'susu rahim', cairan kekuningan dan seperti susu untuk dikonsumsi embrio.

Gauna sendiri telah melihat beberapa hiu yang tampak hamil di area yang sama hanya beberapa hari sebelum penampakan bayi hiu.

Jadi bayi hiu itu langsung terlihat jelas ketika muncul di permukaan.

Dalam video yang direkam oleh Gauna, induk hiu menghilang ke perairan yang lebih gelap, sesaat kemudian seekor bayi hiu putih pucat muncul dari laut.

Dari rekaman mereka, Gauna memperkirakan anak hiu putih berukuran 1,5 meter.

Atas video penampakan itu, Gauna dan rekan penulisnya Phillip Sternes, ahli biologi hiu di University of California Riverside, telah menerbitkan temuan mereka dalam jurnal peer-review.

Baca juga: Apakah Hiu Putih Besar Tertarik Memangsa Manusia?

"Ada minat yang besar terhadap hiu putih namun belum ada yang melihat kelahiran atau bayi yang baru lahir alam liar," kata Sternes.

"Ini mungkin merupakan bukti pertama yang kami miliki mengenai seekor anak hiu putih di alam liar," ungkap Sternes.

Kabar menggembirakan

Dalam makalah tersebut mereka menggambarkan bagaimana bayi hiu putih tersebut kemungkinan berumur beberapa hari atau lebih. Terlihat dari ukuran hiu yang kecil dan siripnya yang membulat, mirip dengan embrio hiu.

Gauna dan Sternes juga memperhatikan bahwa ada lapisan putih yang terkelupas saat hewan itu berenang, yang menunjukkan hiu putih baru lahir yang melepaskan lapisan embrioniknya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com