Seperti Plastik, Sedotan Kertas Bisa Timbulkan Masalah Lingkungan

Kompas.com - 10/01/2024, 11:00 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Sedotan berbahan plastik disebut sebagai salah satu limbah penyebab masalah lingkungan.

Sebagai alternatif, beberapa tempat makan kemudian menyediakan sedotan berbahan non-plastik, seperti misalnya yang terbuat dari kertas.

Baca juga: Peneliti Temukan Sedotan Minuman Tertua, Seperti Apa?

Tapi siapa sangka, sedotan kertas ini ternyata bukanlah solusi ramah lingkungan yang diharapkan banyak orang.

Mengutip Science Alert, Senin (8/1/2024) sebuah penelitian baru menemukan bahwa alternatif untuk menyeruput cairan ini rupanya masih mengandung bahan kimia meski dalam tingkat rendah.

Belum diketahui bagaimana dampaknya terhadap kesehatan seseorang.

Namun kandungan bahan kimia yang dikenal sebagai zat poli dan perfluoroalkil (alias PFAS) itu memerlukan waktu berabad-abad untuk terurai hingga konsentrasinya di lingkungan berkurang.

Maka peneliti dalam studi barunya ini pun menyimpulkan jika sedotan keras masih berbahaya karena belum tentu dapat terurai secara hayati.

Temuan bahan kimia

Hasil itu ditemukan setelah para ilmuwan di Universitas Antwerp di Belgia menguji 39 merek sedotan berbeda yang terbuat plastik, kertas, kaca, bambu, atau baja tahan karat.

Mereka menemukan bahwa kandungan PFAS terdapat di hampir semua bahan, tidak terkecuali sedotan kertas.

Saat ini, banyak produk dibuat dengan PFAS, kelompok 15.000 bahan kimia sintetis yang beberapa di antaranya mungkin beracun bagi kesehatan hewan dan manusia pada konsentrasi yang cukup tinggi.