Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Buah Ajaib yang Bisa Mengubah Rasa Asam Menjadi Manis

Kompas.com - 28/10/2023, 10:30 WIB
Usi Sulastri,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pernah mendengar tentang buah yang mampu mengubah rasa asam menjadi manis secara ajaib?

Inilah yang menjadi keunikan dari buah yang dikenal dengan nama 'Miracle Fruit'. Buah ajaib ini adalah buah beri berwarna merah cerah yang berukuran sebesar biji kopi.

Buah yang memiliki nama latin Synsepalum dulcificum tersebut berasal dari Afrika Barat dan Tengah, tapi sudah semakin populer di banyak negara di dunia berkat manfaatnya untuk kesehatan.

Baca juga: Mengenal Buah Tin, Tanaman yang Dibudidayakan Selama Berabad-abad

Buah ajaib Miracle Fruit

Dilansir dari Britannica, Kamis (26/10/2023), buah ajaib juga disebut berry ajaib, merupakan semak cemara dari keluarga Sapotaceae. Buah ini terkenal karena kemampuannya mengubah rasa makanan asam menjadi manis.

Ketika buah ini dikonsumsi dan kita mencicipi makanan yang sangat asam, seperti lemon, maka rasa asam pada lemon tidak lagi terasa berkat kemampuan ajaib buah miracle ini.

Namun, perlu dicatat bahwa buah ajaib berbeda dengan tanaman kemukus (Thaumatococcus daniellii), meskipun keduanya dikenal dengan kemampuan serupa dalam membuat makanan asam terasa manis.

Tanaman miracle fruit tumbuh sebagai semak atau pohon kecil, dengan tinggi tidak melebihi 5,5 meter (18 kaki) di alam liar, lebih kecil jika dibudidayakan.

Daunnya berbentuk lonjong dengan tepian halus dan tumbuh dalam kelompok di ujung cabang. Bunga putih menghasilkan buah merah sekitar 2–3 cm (0,8–1,2 inci) panjang.

Tanaman ini biasanya mulai berbuah setelah tiga atau empat tahun dan membutuhkan tanah asam.

Baca juga: Mengenal Buah Delima yang Disebut dalam Al Quran

Buah ajaib mengubah rasa asam jadi manis

Buah ajaib mengandung bahan kimia yang mempengaruhi reseptor rasa di lidah yaitu glikoprotein miraculin.

Bahan kimia ini membuat lidah merasakan rasa asam sebagai rasa manis. Efeknya biasanya berlangsung dari setengah jam hingga dua jam, dengan intensitas yang menurun seiring waktu.

Molekul glikoprotein yang terdapat dalam buah ini berikatan dengan reseptor rasa ketika bagian daging buahnya dikonsumsi.

Miraculin, dalam hal ini, menghambat reseptor rasa tersebut. Akibatnya, reseptor manis diaktifkan, menghasilkan sensasi seperti rasa permen segar di mulut.

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com