Kompas.com - 03/06/2023, 11:00 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber PHYSORG

KOMPAS.com - Para ahli biologi kelautan menemukan virus purba belum lama ini. Menariknya, virus RNA tersebut ditemukan pada DNA organisme simbiotik yang hidup di dalam karang pembentuk terumbu.

Dilansir dari Phys, Sabtu (3/5/2023), fragmen RNA pada virus purba tersebut diketahui menginfeksi organisme simbion sejak 160 juta tahun yang lalu.

Penemuan virus purba tersebut telah dijelaskan dalam makalah studi yang dipublikasikan minggu ini di jurnal Communication Biology, yang dapat diakses secara terbuka.

Temuan studi tentang virus purba ini pun disebut dapat membantu para ilmuwan untuk memahami bagaimana karang dan organisme simbionnya dapat melawan infeksi virus saat ini.

Lantas, bagaimana bisa ada virus purba dalam DNA organisme karang berusia jutaan tahun?

Kendati demikian, para peneliti mengatakan bahwa ini adalah penemuan yang mengejutkan. Pasalnya, sebagian besar virus RNA tidak diketahui bahwa mereka dapat menanamkan diri dalam DNA organisme yang mereka infeksi.

Studi ini pun menunjukkan bahwa elemen virus endogen atau EVE, muncul secara luas dalam genom simbion karang.