Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/05/2023, 09:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa dari kita mungkin pernah disarankan agar tidak segera mandi tepat setelah makan karena alasan kesehatan.

Katanya, berendam atau mandi setelah makan dapat menyebabkan kram perut dan gangguan pencernaan sehingga sebaiknya dihindari. Benarkah demikian?

Efek mandi setelah makan

Apakah setelah makan tidak boleh mandi? Sebenarnya, jawabannya tidak sesederhana ya atau tidak.

Saat kita mandi atau berendam air hangat, proses hipertermik dirangsang dalam tubuh. Proses ini meningkatkan suhu tubuh internal satu atau dua derajat.

Baca juga: Penyebab Ketiak Tetap Bau Setelah Mandi

Dalam pengertian yang lebih umum, tindakan hipertermik dapat merangsang sistem kekebalan tubuh, merilekskan sistem saraf, dan merangsang kelenjar keringat untuk mengeluarkan racun.

Setelah makan, suhu tubuh sudah sedikit meningkat. Kehangatan yang dirasa di tubuh setelah makan yang memuaskan sebenarnya adalah tubuh kita yang mengarahkan peningkatan aliran darah ke organ pencernaan.

Mandi juga dapat meningkatkan detak jantung, yang terasa tidak nyaman saat perut kenyang. Secara anekdot, ada yang mengatakan bahwa mandi akan membingungkan tubuh karena alih-alih meningkatkan aliran darah ke saluran pencernaan, tubuh mengalami tindakan hipertermia yang disebabkan oleh air.

Secara teoritis, ini akan memperlambat atau mengganggu pencernaan, yang menyebabkan kelesuan. Tidak ada bukti ilmiah konklusif yang membuktikan atau menyangkal gagasan ini.

Baca juga: Apa Saja Manfaat Mandi Malam Sebelum Tidur?

Bagi yang meyakini teori ini, mereka mungkin mempertimbangkan apa yang telah dikonsumsi sebelum benar-benar mengesampingkan mandi sesudahnya.

Makanan dengan protein padat, kandungan serat yang tinggi, banyak lemak, atau karbohidrat olahan dapat menyebabkan kembung saat tubuh mencerna, menciptakan situasi yang menekan dada, membuat kram, dan mulas menjadi lebih mungkin terjadi.

Berapa lama harus menunggu untuk mandi setelah makan?

Jika khawatir akan mengganggu jadwal pencernaan alami tubuh, sebaiknya tunggu beberapa saat sebelum berendam atau mandi setelah makan.

Rekomendasi konvensional biasanya menyarankan 20 menit setelah makan sebelum berendam dalam air, tetapi tidak ada penelitian yang tersedia untuk menyarankan garis waktu yang tepat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com