Kompas.com - 29/05/2023, 08:03 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

KOMPAS.com - Parasit penyebab penyakit disentri atau diare yang tertua di dunia ditemukan di toilet kuno. Patogen ini ditemukan saat peneliti melakukan analisis tinja berusia 2.500 tahun yang ditemukan di dua toilet kuno di Yerusalem.

Dalam sebuah studi baru tersebut, arkeolog mengungkapkan bukti tertua di dunia parasit yang menyebabkan disentri atau diare.

Dikutip dari Live Science, Jumat (26/5/2023) parasit mikroskopis bernama Giardia duodenalis dapat menyebabkan disentri, infeksi usus yang menyebabkan diare berdarah. Jika kondisinya parah sering disertai dengan kram perut dan demam.

Penemuan parasit disentri tertua di dunia ini kemudian dipublikasikan 26 Mei di jurnal Parasitology.

Penemuan parasit disentri

Para peneliti menemukan bukti parasit disentri tertua, G. duodenalis di bawah kursi toilet batu yang sebelumnya ditemukan di dua situs besar yang kemungkinan merupakan tempat tinggal elit yang berasal dari abad ketujuh hingga keenam SM.