Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Alasan Air Kelapa Sangat Menyehatkan untuk Tubuh

Kompas.com - 25/05/2023, 13:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Air kelapa bisa menjadi pilihan yang menyehatkan untuk menghidrasi tubuh. Pasalnya, air kelapa dikenal bermanfaat untuk kesehatan, termasuk untuk jantung dan ginjal.

Selain manis alami dan bisa menghidrasi, air kelapa sarat dengan beberapa nutrisi penting, seperti mineral yang sangat dibutuhkan tubuh.

Kenapa air kelapa sangat menyehatkan?

Berikut adalah beberapa alasan air kelapa sangat sehat dan baik untuk dikonsumsi.

1. Kaya nutrisi

Air kelapa mengandung 94% air dan sangat sedikit lemak. Air kelapa berbeda dengan santan, yang dibuat dengan menambahkan air ke kelapa parut dan mengandung sekitar 50% air serta cukup tinggi lemak.

Baca juga: Benarkah Air Kelapa Bisa Mencegah Batu Ginjal?

Dilansir dari Healthline, sebanyak 240 ml air kelapa mengandung nutrisi sebagai berikut:

  • Karbohidrat: 15 gram
  • Gula: 8 gram
  • Kalsium: 4% dari nilai harian/daily value (DV)
  • Magnesium: 4% dari DV
  • Fosfor: 2% dari DV
  • Kalium: 15% dari DV

2. Berpotensi mengandung antioksidan

Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang diproduksi di sel selama metabolisme. Produksi radikal bebas meningkat sebagai respons terhadap stres atau cedera.

Ketika terlalu banyak radikal bebas, tubuh memasuki keadaan stres oksidatif, yang dapat merusak sel-sel dan meningkatkan risiko penyakit.

Baca juga: Benarkah Air Kelapa Bisa Mengatasi Jerawat?

Penelitian pada hewan telah menunjukkan, air kelapa mengandung antioksidan yang dapat membantu memodifikasi radikal bebas sehingga tidak lagi menimbulkan bahaya.

Dalam satu studi tahun 2012, tikus yang kebal insulin dengan pola makan tinggi fruktosa dapat diobati dengan air kelapa. Aktivitas radikal bebas menurun, begitu pula tekanan darah, trigliserida, dan kadar insulin.

Sementara penelitian ini menarik, penting untuk dicatat bahwa sampai saat ini belum ada penelitian yang melibatkan manusia dengan kekuatan antioksidan air kelapa, dan masing-masing penelitian pada hewan menggunakan dosis dan parameter yang berbeda.

3. Rendah kalori

Jus buah bisa tinggi gula tambahan, kalori, dan karbohidrat. Sebaliknya, air kelapa lebih rendah kalori, menjadikannya pilihan yang baik bagi orang yang suka minuman manis. 

Baca juga: Air Kelapa untuk Asam Lambung, Apakah Bisa?

Melansir Cleveland Clinic, air kelapa memiliki sekitar 40 hingga 60 kalori dalam 8 ons. Ini sekitar 1/2 dari jus jeruk. 

4. Bebas lemak dan kolesterol 

Air kelapa adalah 94% air sehingga bebas lemak dan bebas kolesterol. Namun, sebaiknya konsumsi air kelapa yang masih muda karena semakin tua air kelapa, semakin banyak nutrisi yang hilang.

5. Elektrolit

Dilansir dari Medical News Today, air kelapa mengandung elektrolit alami sehingga air kelapa bisa menjadi alternatif alami untuk minuman olahraga. 

Sementara air kelapa umumnya mengandung lebih banyak potasium daripada minuman olahraga umumnya, ia cenderung memiliki lebih sedikit sodium, elektrolit utama yang hilang dalam keringat.

Baca juga: 7 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan, Salah Satunya Mencegah Batu Ginjal

Selain itu, karbohidrat air kelapa lebih sedikit daripada banyak minuman olahraga. Ini berarti bahwa air kelapa mungkin tidak memberikan dorongan energi yang cukup selama latihan yang berat atau lama, tetapi dapat membantu rehidrasi sesudahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com