Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Alergi Makanan Baru Muncul Saat Dewasa?

Kompas.com - 20/05/2023, 12:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Beberapa dari Anda mungkin memiliki alergi terhadap makanan tertentu, contohnya kacang atau seafood.

Menariknya, alergi itu terkadang bukan muncul saat seseorang masih kecil, melainkan bisa berkembang ketika sudah dewasa.

Penelitian baru bahkan menunjukkan bahwa lebih banyak orang yang mengembangkan alergi makanan di masa dewasanya.

Sebuah studi tahun 2019 memperkirakan bahwa dari 26 juta orang dewasa Amerika Serikat yang menderita alergi, setidaknya 12 juta atau 48 persen mengembangkan alergi saat dewasa.

Alergi makanan dan penyebabnya

Alergi makanan adalah respons imun yang biasanya terjadi beberapa menit atau maksimal tiga jam setelah melean makanan tertentu.

Baca juga: Mengapa Hidung Terasa Gatal?

Reaksi alergi makanan pada orang dewasa, mungkin melibatkan berbagai gejala seperti gatal-gatal, bengkak, dan kemerahan. Reaksi parah yang disebut anafilaksis dapat menyebabkan masalah pernapasan yang fatal.

"Alergi adalah hasil dari kesalahan dalam sistem kekebalan tubuh kita, di mana kita salah mengidentifikasi hal yang tidak berbahaya sebagai berbahaya dan kemudian mencoba menghilangkannya dengan menciptakan peradangan," kata Brian Greenberg, MD, ahli alergi dan imunologi.

Sementara itu, kepekaan terhadap makanan biasanya memengaruhi sistem pencernaan dan seringkali bersifat subyektif. Ini tidak memiliki tingkat risiko yang sama dengan gejala alergi makanan.

Misalnya, sensitivitas atau intoleransi produk susu dapat menyebabkan kembung, diare, atau nyeri, tetapi tidak membuat tersengal-sengal atau syok anafilaksis.

Penyebab alergi makanan muncul saat dewasa

Dikutip dari Very Well Health, Jumat (19/5/2023), para ilmuwan tidak sepenuhnya tahu mengapa seseorang tiba-tiba mengembangkan alergi baru terhadap makanan.

Baca juga: Mengapa Batuk karena Pilek Bisa Sangat Lama Sembuh?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com