Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/05/2023, 09:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Rebung dianggap sebagai salah satu makanan yang bermanfaat untuk kesehatan karena kaya akan protein, karbohidrat, vitamin, serat, dan mineral serta sangat rendah lemak.

Meskipun rebung memberikan banyak manfaat kesehatan, konsumsinya masih cukup terbatas karena baunya yang menyengat dan rasa asam pahit.

Selain itu, dikutip dari National Library of Medicine, rebung harus diproses dengan benar sebelum dikonsumsi karena rebung yang baru dipanen memiliki kandungan glikosida sianogenik, yang dapat menimbulkan masalah kesehatan yang serius. 

Apa saja manfaat rebung?

Rebung telah dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan potensial. Dilansir dari Healthline, berikut adalah 3 manfaat rebung untuk kesehatan:

Baca juga: 4 Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan

1. Dapat menurunkan kadar kolesterol

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa rebung dapat membantu menurunkan kadar kolesterol sehingga dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Satu penelitian tabung reaksi menunjukkan, serat yang diekstraksi dari sayuran rebung memiliki sifat penurun kolesterol yang kuat.

Plus, sebuah studi kecil dari tahun 2009 menemukan, di antara 8 wanita sehat yang mengonsumsi 360 g rebung, kadar kolesterol total dan kolesterol jahat turun secara signifikan setelah 6 hari.

Efek ini mungkin disebabkan oleh serat larut yang ditemukan dalam rebung. Serat larut menyerap air di usus dan dikaitkan dengan penurunan kadar kolesterol.

Baca juga: 5 Manfaat Bit untuk Kesehatan

2. Meningkatkan kesehatan usus

Rebung adalah sumber serat yang baik, dengan kandungan 2 g serat di setiap 155 gram.

Serat dapat meningkatkan keteraturan dan bahkan dapat melindungi dari masalah seperti wasir, divertikulitis, dan kanker kolorektal.

Menurut penelitian tabung reaksi, rebung juga bertindak sebagai prebiotik, artinya rebung menyediakan bahan bakar untuk bakteri baik di usus.

Penelitian menunjukkan, mikrobioma usus dapat memainkan peran sentral dalam kesehatan dan penyakit serta dapat membantu mencegah kondisi seperti penyakit jantung, kanker, diabetes tipe 2, depresi, dan obesitas.

Baca juga: 3 Manfaat Makan Sup Sayur untuk Kesehatan

3. Dapat mendukung penurunan berat badan

Rebung merupakan sayur rendah kalori tetapi tinggi serat. Ini menjadikannya makan yang bagus untuk menurunkan berat badan.

Serat dapat membantu memperlambat pengosongan perut sehingga membuat kita merasa kenyang lebih lama.

Menurut ulasan dari 62 penelitian, peningkatan asupan serat dapat meningkatkan penurunan berat badan dan penurunan lemak perut, bahkan tanpa melakukan modifikasi diet lainnya.

Penelitian hewan yang muncul juga menunjukkan, rebung dapat mendukung kesehatan usus yang mengarah pada penurunan berat badan.

Baca juga: 5 Manfaat Air Mentimun untuk Kesehatan

Misalnya, satu penelitian menemukan bahwa memberi makan serat rebung kepada tikus dengan diet tinggi lemak membantu melindungi dari penambahan berat badan dengan meningkatkan kesehatan mikrobioma usus.

Meskipun demikian, diperlukan lebih banyak penelitian untuk memastikan manfaat potensial rebung bagi manusia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com