Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/04/2023, 18:03 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kulit adalah organ tubuh terbesar manusia yang memiliki banyak fungsi vital.

Beberapa fungsinya antara lain bertindak sebagai pelindung antara lingkungan luar dengan bagian dalam tubuh, melindungi organ dalam dari panas, cahaya, cedera, dan infeksi.

Selain itu kulit berperan penting dalam mengatur suhu tubuh, mencegah kehilangan air, memproduksi vitamin D dan mendeteksi sensasi yang disebabkan oleh rangsangan mekanis yang bersentuhan atau menekan kulit.

Fakta menarik kulit orang dewasa, ternyata rata-rata organ ini menyumbang sekitar 15 persen dari total berat badan dan menutup sekitar 2 meter persegi.

Fakta kulit manusia

Kulit juga memiliki perbedaan ketebalan dan tekstur kulit pada bagian tubuh yang berbeda. Misalnya, kulit lebih tebal di telapak kaki dan telapak tangan, namun lebih tipis di kelopak mata dan alat kelamin.

Baca juga: Fakta-fakta Menarik Otak Manusia

Bukan hanya itu saja, masih ada beberapa fakta menarik kulit lainnya. Berikut seperti dikutip dari Live Science, Rabu (19/4/2023).

  • Lapisan kulit

Kulit manusia terdiri dari tiga lapisan jaringan, yaitu epidermis, dermis, dan hipodermis. Ketebalan dan kepadatan lapisan kulit bervariasi pada setiap invidu tergantung pada usia, jenis kelamin, dan faktor genetik.

Misalnya, wanita dewasa dan anak-anak biasanya memiliki kulit yang lebih tipis daripada pria dewasa di sebagian besar area tubuh.

Pengaruh lingkungan, seperti paparan sinar matahari atau obat-obatan tertentu juga dapat memengaruhi kepadatan kulit.

  • Fungsi kulit

Fakta menarik lainnya tentang kulit yakni memainkan peran penting dalam menumbuhkan rambut. Folikel rambut yang ditemukan di dermis menumbuhkan rambut di kepala, wajah, dan tubuh. Rambut itu juga membantu mengontrol suhu tubuh dan melindungi tubuh dari cedera.

Baca juga: Fakta-fakta Menarik Kuku Manusia

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com