Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semut Yellow Crazy Berkaki Panjang Jantan Punya Dua Set DNA

Kompas.com - 10/04/2023, 10:30 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber PHYSORG


KOMPAS.com - Sebuah studi yang dilakukan ilmuwan molekuler menemukan semut jantan Yellow Crazy atau yang juga dikenal dengan semut berkaki panjang ternyata memiliki dua set DNA di seluruh tubuhnya.

Dilansir dari Phys, Senin (10/4/2023), penemuan fakta unik dan menarik tentang spesies semut tersebut telah dilaporkan di jurnal Science.

Daniel Kronauer dengan The Rockefeller University, mengungkapkan bahwa dengan mempelajari fitur genetik unik pada semut akan dapat menjelaskan mengapa mereka menjadi spesies invasif yang berhasil.

Studi sebelumnya telah menunjukkan bahwa semut yellow crazy yang berasal dari Asia dan Afrika Barat, memiliki kemampuan beradaptasi yang sangat bagi terhadap lingkungan baru.

Hal ini menjadikan mereka sebagai spesies invasif yang paling berhasil di planet ini.

Baca juga: Semut Tentara Tertua Ditemukan di Batu Ambar Berusia 35 Juta Tahun

Melalui studi baru, akhirnya kembali mengungkapkan fakta menarik lain dari spesies semut Yellow Crazy berkaki panjang ini.

Temuan baru yang belum pernah terlihat sebelumnya ini juga kemungkinan menjadi faktor yang membuat spesies semut tersebut unggul dibandingkan spesies invasif lainnya, yakni pada semut jantan ternyata memiliki dua set DNA.

Para peneliti mengatakan bahwa salah satu konsep mendasar dari ilmu biologi adalah organisme multisel berkembang biak dari zigot sel tunggal menjadi makhluk dengan genom unik.

Namun, satu-satunya spesies yang tidak terikat pada konsep tersebut adalah chimera, yang umumnya dianggap sebagai kecelakaan alam.

Dalam studi baru ini, tim pun menemukan pengecualian lagi, yakni pada semut Yellow Crazy jantan dengan dua set DNA yang mereka miliki.

Baca juga: Jutaan Semut Api Invasi Hawaii, Apa Penyebabnya?

Halaman:
Sumber PHYSORG


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com