Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/03/2023, 09:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Stres ternyata bisa menjadi salah satu pemicu rambut berubah. Jadi, rambut ini tak hanya sekadar karena usia saja.

Uban pada rambut dipercaya muncul karena seseorang mengelami kekhawatiran atau stres. Konon, rambut ratu Perancis, Marie Antoinette, berubah menjadi putih dalam satu malam setelah mengetahui berita mengenai eksekusinya.

Namun, apakah benar dampak stres memang benar-benar bisa mengubah warna rambut seseorang?

Stres penyebab munculnya uban

Dikutip dari Live Science, Selasa (1/3/2023) sains menunjukkan bahwa rambut memang secara alami memudar dari waktu ke waktu. Namun, ada beberapa faktor lain yang dapat memengaruhi seberapa cepat rambut putih atau uban ini muncul.

David Kingsley, peneliti kerontokan rambut dan presiden World Trichology Society menyebut stres bukan penyebab utama uban.

Baca juga: Apakah Stres Bisa Menular?

 

Sebagian besar disebabkan oleh peran gen yang menentukan kapan orang menjadi beruban, sedangkan stres dapat mempercepat proses perubahan rambut uban itu.

Bahkan penyebab stres yang tidak langsung, seperti malnutrisi, masalah tiroid, ketidakseimbangan hormon, dan anemia, dapat memengaruhi pigmentasi rambut, yang berdampak pada munculnya rambut putih.

Stres adalah reaksi normal terhadap tekanan sehari-hari, tetapi menurut American Psychological Association, kondisi itu bisa menjadi tidak sehat jika mengganggu fungsi dan aktivitas sehari-hari seseorang.

Sebuah studi pada tikus tahun 2020 yang dipublikasikan di jurnal Nature, peneliti menemukan stres dapat mengurangi sel-sel pigmen rambut yang dikenal sebagai melanosit.

Sel tersebut diproduksi oleh sel induk yang hidup di folikel rambut. Akan tetapi temuan tersebut memang belum diuji kebenarannya pada manusia.

Studi lain yang dipublikasikan di jurnal eLife pada tahun 2021 ternyata menemukan hal yang serupa. Martin Picard, penulis utama studi dan ahli saraf di Universitas Colombia dalam sebuah pernyataan menunjukkan bahwa stres dapat menyebabkan rambut menjadi beruban.

Baca juga: Apakah Membaca dengan Cahaya Redup Bisa Mengganggu Kesehatan Mata?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com