Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/02/2023, 14:30 WIB
The Conversation,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

Oleh: Jenny Jenkins

GEMPA bumi yang sangat besar terjadi di tenggara Turki, dekat perbatasan dengan Suriah pada Senin 6 Februari 2023.

Data dari seismometer yang mengukur goncangan tanah yang disebabkan oleh gelombang gempa menunjukkan bahwa peristiwa ini bermagnitudo 7,8 dari 10 skala magnitudo momen.

Baca juga: 5 Hal yang Harus Dihindari Saat Terjadi Gempa Bumi

Gelombang seismik ditangkap oleh sensor di seluruh dunia (Anda dapat melihatnya menembus Eropa) termasuk tempat-tempat yang jauh seperti Inggris Raya.

Gempa ini sungguh sangat besar.

Goncangan yang disebabkan oleh energi yang bergerak keluar dari sumber atau pusat gempa ini telah menimbulkan konsekuensi yang mengerikan bagi orang-orang yang tinggal di dekatnya.

Banyak bangunan runtuh, setidaknya 4.300 orang diperkirakan tewas di kedua negara per 7 Februari 2023, dan ada laporan kerusakan pipa gas yang menyebabkan kebakaran.

Mengapa ini terjadi di sini

Daerah Turki ini rawan gempa karena terletak di persimpangan tiga lempeng tektonik yang membentuk kerak bumi: lempeng Anatolia, Arab, dan Afrika. Lempeng Arab bergerak ke utara menuju Eropa, menyebabkan lempeng Anatolia (yang diduduki Turki) terdorong ke arah barat.

Pergerakan lempeng tektonik memperbesar tekanan pada zona patahan di perbatasannya. Pelepasan tekanan secara tiba-tiba inilah yang menyebabkan gempa bumi dan getaran tanah.

Baca juga: Analisis Gempa Banten M 5,2 Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa terbaru ini kemungkinan besar terjadi di salah satu patahan utama yang menandai batas antara lempeng Anatolia dan Arab: baik patahan Anatolia Timur maupun patahan Transformasi Laut Mati.

Ini adalah “strike-slip faults, jenis sesar atau patahan yang arah geraknya horizontal”, yang berarti sesar-sesar ini mengakomodasi beberapa gerakan lempeng yang bergerak melewati satu sama lain.

‘Jauh lebih besar’ dari gempa bumi sebelumnya

Lokasi gempa Turki atau Turkiye bermagnitudo 7,8 yang mengguncang selatan negara itu pada Senin (6/2/2023).AP Lokasi gempa Turki atau Turkiye bermagnitudo 7,8 yang mengguncang selatan negara itu pada Senin (6/2/2023).

Meskipun daerah ini mengalami banyak gempa bumi setiap tahun akibat pergerakan lempeng tektonik yang sedang berlangsung, gempa hari ini sangat besar dan merusak karena begitu banyak energi yang dilepaskan.

Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) menyatakan bahwa hanya tiga gempa bumi yang lebih besar dari magnitudo 6 yang terjadi dalam jarak 250 km dari lokasi ini sejak 1970.

Dengan magnitudo 7,8, gempa 6 Februari secara signifikan lebih besar daripada yang pernah dialami daerah tersebut sebelumnya, melepaskan lebih dari dua kali energi sebanyak gempa terbesar yang tercatat sebelumnya di wilayah tersebut (magnitudo 7,4).

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com