Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/01/2023, 14:00 WIB
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com - Banyak orang yang berat badannya naik ketika mereka mencoba berhenti merokok. Menurut penelitian, hal ini karena bagian otak yang sangat membutuhkan nikotin menginginkan "bahan bakar" pengganti ketika tidak ada lagi asupan nikotin.

Dilansir dari Healthline, sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Drug and Alcohol Dependence menyimpulkan bahwa orang yang berusaha berhenti merokok cenderung "ngidam" makanan yang mengandung karbohidrat dan gula tinggi.

Agar hal ini tidak mencegah Anda untuk berhenti dari kecanduan nikotin, sebaiknya ketahui cara-cara agar berat badan tetap sehat setelah berhenti merokok.

Cara agar berat badan tidak naik setelah berhenti merokok

Melansir WebMD, berikut adalah cara-cara yang bisa dilakukan untuk mencegah berat badan naik setelah berhenti merokok.

Baca juga: 3 Cara Mencegah Komplikasi Diabetes yang Mengancam Jiwa

1. Rencanakan menu makanan setiap hari 

Alih-alih memilih makanan secara spontan, sebaiknya selalu rencanakan makanan dan minuman yang akan dikonsumsi sehingga Anda tidak impulsif dan makan makanan yang tidak sehat. 

Ingatlah untuk memperbanyak makan buah dan sayuran serta batasi gula, sodium, dan lemak trans. Baca juga label makanan untuk mengetahui nutrisi dan kalori yang terkandung dalam makanan.

2. Kontrol porsi makan 

Mengontrol porsi makan adalah cara penting yang dapat membantu menghindari berat badan naik setelah berhenti merokok.

3. Berolahraga setiap hari

Tetap aktif secara fisik dapat membantu Anda mengelola stres dan menjaga berat badan tetap sehat. Selain meningkatkan suasana hati dan mengendalikan nafsu makan, olahraga juga membakar kalori, yang dapat membantu Anda mempertahankan atau menurunkan berat badan, jika memang dibutuhkan. 

Baca juga: 5 Cara Mencegah Berat Badan Naik Selama Liburan

Selain itu, olahraga juga penting untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Pasalnya, metabolisme mungkin melambat setelah berhenti merokok dan olahraga teratur dapat membantu mempercepatnya secara alami.

4. Makan dengan penuh perhatian

Tetap berhati-hati dan sadar saat memilih, menyiapkan, dan memakan makanan. Cara ini dapat membantu Anda membuat pilihan yang lebih baik dan mencegah Anda untuk mengganti kebiasaan merokok dengan ngemil sembarangan atau makanan yang tidak sehat.

Jika berhenti merokok dirasa sangat sulit, tidak ada salahnya untuk mencari profesional yang dapat membantu. 

Beberapa orang membutuhkan dukungan dan bimbingan dari ahli untuk mengatasi hal ini. Pakar dapat memberi Anda saran yang dipersonalisasi dan membantu Anda membuat rencana individual yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+