Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paus Sperma Punya Otak Paling Besar, Beratnya Capai 9 Kg

Kompas.com - 16/01/2023, 12:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Ukuran otak merupakan bagian penting dari anatomi hewan. Para ilmuwan telah mempelajari ukuran otak hewan sebagai indikator potensi kecerdasan mereka. 

Ukuran otak biasanya ditentukan oleh berat, tetapi juga dapat diukur dengan volume tengkorak. Dilansir dari Animals Mom, meskipun ukuran otak sering dikaitkan dengan ukuran tubuh, rasio massa otak terhadap massa tubuh tidak selalu sama.

Otak hewan paling besar di dunia

Paus sperma memiliki otak hewan paling besar di dunia. Mengutip AZ Animals, dibandingkan dengan otak manusia, otak paus sperma lebih berat lima kali lipat. 

Paus sperma rata-rata memiliki volume otak 8.000 ml kubik dan beratnya bisa mencapai 9 kg.

Baca juga: Panjang Mulut Hewan Paling Besar di Dunia Capai 5 Meter, Berikut Fakta-faktanya

Meski memiliki otak paling besar, paus sperma bukanlah hewan terbesar di dunia dan paus biru masih menjadi yang terbesar.

Namun, ukuran otak kedua paus ini sangat berbeda. Misalnya, paus biru memiliki berat antara 127 ton hingga 149 tom dengan ukuran otak yang umumnya tidak lebih dari 6,8 kg. Sementara itu, seekor paus sperma maksimal memiliki berat 40 ton dan otaknya memiliki berat hingga 9 kg.

Ekolokasi paus dikatakan meningkat karena ukuran otaknya yang masif. Untuk mencari makanan, paus mengandalkan ekolokasi, yakni sejenis komunikasi yang unik. 

Baca juga: 6 Fakta Jerapah, Hewan Paling Tinggi di Dunia

Untuk berkomunikasi, paus mengeluarkan suara berfrekuensi tinggi melalui sistem pernapasannya. Dengan demikian, tak heran jika mamalia laut ini bisa makan hampir 900 kg makanan setiap hari karena mereka sangat mahir melacak makanan mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com