Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/01/2023, 18:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Telur dapat diolah menjadi berbagai makanan. Harganya yang terjangkau dan cara memasaknya yang mudah membuat telur banyak digemari.

Selain itu, telur juga mengandung berbagai nutrisi yang menyehatkan, seperti vitamin A, vitamin E, vitamin B12, vitamin B9 (folat), dan lutein.

Amankah makan telur setiap hari?

Melansir Cleveland Clinic, telur memiliki banyak manfaat untuk kesehatan sehingga tidak masalah untuk makan satu butir telur utuh setiap hari, terutama bagi yang tidak memiliki penyakit kardiovaskular dan memiliki tingkat kolesterol darah yang sehat. 

Sedangkan, untuk orang yang memiliki penyakit kardiovaskular atau kadar kolesterol tinggi, harus membatasi konsumsi telur hanya tiga sampai empat butir telur per minggu.

Baca juga: Bolehkah Keramas Setiap Hari?

Perlu diketahui bahwa kuning telur mengandung lemak jenuh dan dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Meskipun makanan bukan satu-satunya faktor yang bisa menyebabkan kolesterol tinggi, tetapi memperhatikan makanan yang dikonsumsi setiap hari juga penting.

Agar telur yang dikonsumsi lebih sehat, disarankan untuk memasaknya dengan minyak zaitun atau dikombinasikan dengan sayuran dan makanan sehat lainnya.

Berapa banyak telur yang boleh dikonsumsi per hari?

Ada banyak faktor, seperti genetika, riwayat keluarga, cara memasak, pola makan secara keseluruhan, dan bahkan tempat tinggal yang dapat memengaruhi jumlah telur yang aman kita makan per hari.

Baca juga: Bolehkah Minum Asam Mefenamat dengan Parasetamol? Ketahui Interaksinya

Juga, pertimbangkan jumlah kolesterol total dalam makanan dari makanan selain telur. Jika makanan kita relatif rendah kolesterol, kita mungkin bisa mengonsumsi lebih banyak telur. 

Dikutip dari Healthline, untuk orang dewasa yang sehat dengan kadar kolesterol normal dan tidak ada faktor risiko penyakit jantung yang signifikan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa 1-2 butir telur per hari masih jumlah yang aman. 

Sebuah penelitian kecil pada 38 orang dewasa yang sehat menemukan bahwa sebanyak 3 butir telur per hari dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat, kolesterol baik, dan rasio kolesterol jahat ke kolesterol baik.

Oleh sebab itu, para ahli sepertinya enggan menyarankan lebih dari 2 butir telur per hari dan banyak yang menganjurkan agar tetap mengonsumsi 1 butir telur per hari. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com