Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/01/2023, 09:01 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Berang-berang terkenal karena membangun bendungan yang terbuat dari potongan dahan dan kayu yang mereka potong menggunakan gigi depannya yang kuat.

Dalam membangun bendungan, berang-berang juga memanfaatkan rumput, batu, dan lumpur untuk memperkuat struktur bendungan.

Akan tetapi, mengapa berang-berang Amerika (Castor canadensis) membangun bendungan, apakah mereka tinggal di dalamnya?

Dilansir dari Live Science, Rabu (11/1/2023) sederhananya, hewan pengerat ini membangun bendungan agar tetap aman, mengingat berang-berang memiliki bentuk tubuh yang aneh dan sifat yang kaku.

"Berang-berang adalah hewan dengan 18-36 kilogram daging dengan kaki yang sangat pendek," ungkap Chris Jordan, ahli biologi perikanan di National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) di Newport, Oregon.

Hal tersebut membuat hewan pengerat besar ini menjadi sasaran mangsa yang mudah bagi para predator.

"Ketika berang-berang berada di darat, mereka sangat canggung dan rentan seperti nugget ayam besar yang berkeliaran. Dan predator dalam ini akan senang," kata Emily Fairfax, seorang ahli hidrologi di California State University Channel Islands di Camarillo, California.

Baca juga: Mengapa Lintah Mengisap Darah?

Namun berbeda saat berada di air, mereka hampir tak terkalahkan. Berang-berang menjadi perenang yang luar biasa andal dan dapat menahan napas selama 10 hingga 15 menit.

Fungsi bendungan bagi berang-berang

 

Selain itu, dengan membangun bendungan, mereka ibarat membangun kolam dan kolam itu adalah zona nyaman mereka.

Kolam itu cukup dalam bagi berang-berang untuk bersembunyi dari pemangsa seperti singa gunung, beruang, serigala, dan coyote.

Bendungan yang dibangun hewan ini, juga dapat membanjiri area untuk mendekatkan berang-berang ke sumber makanan utama mereka.

Makanan berang-berang termasuk di antaranya kulit kayu, daun, dan ranting pohon, serta tanaman air seperti lili air dan cattail.

Setelah membangun bendungan, berang-berang kemudian menggali jaringan kanal yang luas di belakang bendungan untuk menyebarkan air.

Baca juga: Mengapa Gurita Memakan Lengannya Sendiri?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com