Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
RS Pondok Indah Group

RS Pondok Indah Group adalah grup rumah sakit swasta yang mengelola tiga rumah sakit, yakni RS Pondok Indah - Pondok Indah, RS Pondok Indah - Puri Indah, dan RS Pondok Indah - Bintaro Jaya. Ketiga rumah sakit ini didukung para dokter ahli dari berbagai disiplin ilmu serta mengadopsi teknologi medis terkini untuk memberikan pelayanan kesehatan yang prima dan terdepan.

Sinusitis Hingga ke Telinga Sering Berulang, Bagaimana Mengatasinya?

Kompas.com - 01/01/2023, 18:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini
Halo Prof

Konsultasi kesehatan tanpa antre dokter

Temukan jawaban pertanyaanmu di Kompas.com

KOMPAS.com - Seorang pembaca Kompas.com berinisial KY, usia 29 tahun menanyakan mengenai sinusitis berulang kepada subrubrik Halo Prof! Kompas.com. Berikut pertanyaannya:

"Saya ingin bertanya sinusitis menjalar ke telinga dan sering berulang, harus diapain, selain diobati terus menerus?"

Baca juga: Sakit Gigi Bisa Menyebabkan Sinusitis, Begini Penjelasannya

Pertanyaan tersebut dijawab oleh dr. Lola Yucola, Sp. THTBKL, M.Kes, Dokter Spesialis Telinga Hidung Tenggorokan dari RS Pondok Indah – Puri Indah. Berikut paparannya:

Salam kenal Ibu KY, terima kasih atas pertanyaannya. Saya coba jelaskan dulu yang dimaksud dengan sinusitis ya.

Sinusitis adalah peradangan dari rongga sinus yaitu rongga-rongga yang ada di wajah dan letaknya berdekatan dengan hidung. Sinusitis dapat diderita oleh semua usia, baik anak-anak maupun dewasa tetapi dengan gejala yang berbeda.

Gejala sinusitis biasanya ditandai dengan adanya lendir yang keluar dari hidung berwarna hijau atau kuning, keruh, kental, berbau busuk, ada demam, nyeri di sekitar wajah/gigi sampai dahi.

Semua orang memang memiliki rongga sinus, tetapi tidak semua orang mengalami radang di rongga sinus. Penyebab sinusitis terbagi 2 yaitu yang asalnya dari infeksi sekitar hidung dan juga dari gigi/dentogen.

Kalau penyebab sinusitis berasal dari gigi, biasanya disebabkan karena ada gigi di bagian belakang rahang atas yang rusak, berlubang, sisa akar yang terinfeksi. Kemudian infeksi tersebut menjalar ke rongga sinus maksilaris.

Sinusistis memang dapat terjadi berulang dan menjalar ke telinga. Mengapa demikian? Karena ada tuba eustachius yaitu lubang di belakang hidung yang menyambung ke telinga.

Sehingga jika ada peradangan di hidung/tenggorokan apabila tidak diobati dengan tepat dapat menyebabkan peradangan itu menjalar ke telinga bagian tengah.

Baca juga: Apa Itu Sinusitis dan Cara Mengobatinya

Namun, untuk memastikannya sebaiknya Ibu berkonsultasi dengan dokter spesialis THT untuk dilakukan pemeriksaan secara detail, apakah benar yang Ibu alami itu sinusitis atau alergi?

Apabila seseorang memiliki alergi, harus dibedakan dengan sinusitis. Alergi dapat muncul dan hilang, sesuai dengan kondisi tubuh.

Gejala alergi antara lain: sering bersin-bersin lebih dari 5 kali per episode atau ingus bening seperti air, tersumbat hilang timbul, hidung gatal di sekitar hidung/mata. Alergi tidak dapat disembuhkan, tetapi dapat dikendalikan dengan menghindari bahan penyebab alergi.

Apabila Ibu ingin mengetahui apa yang menjadi penyebab alergi sebaiknya lakukan tes alergi dengan pemeriksaan darah di laboratorium sesuai saran dokter spesialis telinga hidung tenggorokan.

Alergi tidak bisa hilang sepenuhnya, tetapi masih bisa dikendalikan dengan menjaga pola hidup bersih dengan rajin mencuci tangan, mencuci muka, dan hidung secara berkala.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com