Kompas.com - 08/12/2022, 09:32 WIB

KOMPAS.com - Selama ini banyak orang berpikir, bahwa Tyrannosaurus rex mengandalkan rahang dengan gigi tajamnya untuk menangkap mangsa.

Namun sebuah studi mengungkap, T-rex bukan hanya sekadar membutuhkan kekuatan kepala mereka untuk menangkap mangsa.

Menurut peneliti dari University of Maryland, Thomas R. Holtz, T-rex memiliki ligamen unik yang memperkuat kaki mereka.

Baca juga: Temuan Fosil Dinosaurus di Argentina Disebut Bisa Jelaskan Penyebab T-Rex Bertangan Pendek

Hal tersebut memungkinkan dinosaurus bergerak dengan cepat melintasi jarak yang sangat jauh untuk mengejar mangsa.

"Orang-orang telah lama tertarik pada kekuatan luar biasa dan lengan kecil T-rex, tetapi kaki dari dinosaurus juga sangat terspesialisasi," kata Holtz.

"Studi baru ini pun membantu menunjukkan, bahwa bahkan pada tingkat mikroskopis, tyrannosaurus beradaptasi untuk lari jarak jauh dan akselerasi cepat," jelasnya.

Mengutip Phys, Selasa (6/12/2022) secara proporsi, tyrannosaurus memiliki kaki yang lebih panjang daripada dinosaurus karnivora besar lainnya. Tetapi keunikan kaki mereka tak berhenti pada langkah panjangnya.

Tulang tengah yang besar di kaki mereka berbentuk segitiga jika dilihat dari depan, serta meruncing ke pergelangan kaki yang sempit. Fitur ini disebut arctometatarsus.

Studi sebelumnya telah menunjukkakn arctometatarsus yang panjang memungkinkan gerak maju yang relatif cepat, tetapi alasan untuk bentuk yang tak biasa ini tetap menjadi misteri.

Namun pada penelitian baru, peneliti menguji hipotesis lain bahwa ligamen besar memperkuat telapak kaki tyrannosaurus di dekat jari kaki dengan cara yang unik di antara dinosaurus besar dan tak ditemukan pada hewan modern mana pun.