Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/12/2022, 10:03 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

Sumber NHS,Express

KOMPAS.com - Menurunkan berat badan selalu menjadi tantangan, karena membutuhkan waktu dan disiplin untuk mendapatkan hasilnya.

Tidak ada metode dan makanan ajaib yang bisa menurunkan berat badan dalam waktu singkat.

Cara terbaik menurunkan berat badan adalah mengubah kebiasaan gaya hidup, baik itu dengan mengatur pola makan yang lebih sehat dan seimbang, serta berolahraga secara rutin.

Berolahraga telah diketahui dapat membakar lebih banyak kalori, yang mana ini akan membantu menurunkan berat badan.

Baca juga: 4 Cara Efektif Menurunkan Berat Badan bagi Wanita

Menurunkan berat badan tanpa olahraga

Tapi, mungkinkah dapat menurunkan berat badan tanpa olahraga?

Jawabannya mungkin. Banyak ahli mengatakan, bahwa yang harus dilakukan untuk menurunkan berat badan adalah 80 persen diet dan 20 persen olahraga.

Namun demikian, tak bisa dipungkiri, bahwa olahraga membantu menurunkan berat badan dan membantu mempertahankannya. Selain itu, berolahraga juga terbukti efektif mencegah berbagai penyakit.

Tapi, jika olahraga bukan pilihan Anda untuk menurunkan berat badan, kuncinya adalah mengonsumsi lebih sedikit kalori daripada yang Anda bakar.

Diet atau mengatur pola makan jauh lebih efektif daripada olahraga, karena untuk membakar kalori yang cukup untuk menurunkan berat badan, dibutuhkan banyak gerakan tubuh.

Lalu, bagaimana caranya?

Baca juga: Mengenal Bedah Bariatrik, Menurunkan Berat Badan hingga Risiko Penyakit

Ilustrasi berat badan, menurunkan berat badan. FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi berat badan, menurunkan berat badan.

Cara menurunkan berat badan tanpa olahraga

Untuk menurunkan berat badan, pria harus membatasi kalori hariannya tidak lebih dari 1.900 kkal per hari dan wanita tidak lebih dari 1.400 kkal per hari.

Melansir laman NHS ada beberapa langkah menurunkan berat badan yang harus diterapkan dalam pola makan Anda.

Pertama, jangan pernah melewatkan sarapan. Melewatkan sarapan tidak akan membantu menurunkan berat badan. Ini justru akan membuat Anda lebih banyak ngemil sepanjang hari, karena merasa lapar.

Kedua, makan di waktu yang teratur setiap hari. Penting untuk membangun kebiasaan ini, karena makan teratur di waktu yang sama akan membantu tubuh lebih mudah membakar kalori. Selain itu juga mengurangi godaan ngemil makanan tinggi lemak dan gula.

Ketiga, makan banyak buah dan sayuran. Keduanya rendah kalori dan lemak, serta tinggi serat – yang mana ini adalah tiga modal penting untuk sukses menurunkan berat badan.

Baca juga: 5 Alasan Strawberry Efektif Membantu Menurunkan Berat Badan

Keempat, pastikan kebutuhan serat terpenuhi. Serat akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Selain dari buah dan sayuran, Anda bisa mengonsumsi roti gandum, beras merah, pasta, kacang-kacangan, dan lentil untuk mencukupi kebutuhan serat.

Kelima, pastikan tubuh selalu terhidrasi. Salah satu tanda dehidrasi adalah munculnya rasa haus. Di sisi lain, rasa haus ini tak jarang dikira sebagai sinyal rasa lapar, sehingga bukannya menghidrasi tubuh dengan air minum, Anda justru mengonsumsi kalori ekstra dari makanan.

Keenam, makan menggunakan piring kecil. Piring berukuran lebih kecil akan membuat Anda mengambil makanan sesuai dengan besar piring, sehingga terhindar dari makan berlebihan.

Itulah enam cara menurunkan berat badan tanpa olahraga. Bagaimana, siap mencobanya?

Baca juga: 4 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Kembali Naik

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber NHS,Express
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com