Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/12/2022, 11:03 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Amlodipine adalah obat untuk mengobati tekanan darah tinggi pada orang dewasa dan anak-anak di atas usia 6 tahun ke atas. Amlodipine bisa digunakan dengan atau tanpa obat lain.

Amlodipine termasuk dalam golongan obat yang dikenal sebagai penghambat saluran kalsium. Obat ini bekerja dengan merelaksasi pembuluh darah, sehingga jantung tidak harus memompa terlalu keras dan darah mengalir lebih mudah.

Selain itu, Amlodipine juga digunakan untuk mencegah beberapa jenis nyeri dada (angina) dan penyakit arteri koroner (penyempitan pembuluh darah yang memasok darah ke jantung), tetapi tidak untuk mengobati nyeri dada saat terjadi.

Baca juga: Bagaimana Stres Bisa Memicu Tekanan Darah Tinggi? Dokter Jelaskan

Tekanan darah tinggi penting untuk diobati, karena dapat menyebabkan kerusakan pada otak, jantung, pembuluh darah, ginjal, dan bagian tubuh lainnya.

Kerusakan pada organ-organ ini dapat menyebabkan penyakit jantung, serangan jantung, gagal jantung, stroke, gagal ginjal, kehilangan penglihatan, dan masalah kesehatan lainnya.

Aturan Minum Obat Amlodipine

Obat darah tinggi Amlodipine tersedia dalam bentuk tablet untuk diminum. Biasanya diminum sekali sehari.

Untuk memudahkan, minumlah Amlodipine pada waktu yang sama setiap hari. Ini akan meminimalkan risiko lupa minum obat.

Ikuti petunjuk pada label resep Anda dengan hati-hati, dan mintalah dokter atau apoteker untuk menjelaskan bagian mana pun yang tidak Anda mengerti.

Minum amlodipine persis seperti yang diarahkan. Jangan mengonsumsi dalam jumlah lebih atau kurang atau lebih sering dari yang ditentukan oleh dokter.

Dokter Anda mungkin akan memberi Amlodipine dosis rendah dan secara bertahap meningkatkan dosisnya.

Sebagai upaya mengelola tekanan darah tinggi, obat darah tinggi amlodipine harus diminum setiap hari. Meski Anda merasa sehat, jangan berhenti minum Amlodipine tanpa berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu.

Baca juga: Benarkah Makan Daging Sebabkan Tekanan Darah Tinggi?

Membatasi asupan garam adalah salah satu cara alami untuk menurunkan tekanan darah tinggi.Shutterstock/Sharif Pavlov Membatasi asupan garam adalah salah satu cara alami untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Apa yang harus dilakukan jika lupa minum Amlodipine?

Segera minum Amlodipine segera setelah Anda mengingatnya. Namun, jika sudah hampir waktunya untuk minum dosis berikutnya, lewati dosis yang terlewat dan lanjutkan jadwal dosis rutin Anda. Jangan menggandakan dosis untuk mengganti dosis yang terlewat.

Selain minum obat, melakukan perubahan gaya hidup juga harus dilakukan untuk mengontrol tekanan darah tinggi.

Perubahan ini termasuk makan makanan yang rendah lemak dan garam, menjaga berat badan yang sehat, berolahraga minimal 30 menit setiap hari, tidak merokok, dan membatasi konsumsi alkohol.

Baca juga: Efek Tekanan Darah Tinggi pada Sistem Saraf

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com