Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/11/2022, 16:00 WIB

KOMPAS.com - Asam mefenamat adalah obat golongan anti-inflamasi nonsteroid (OAINS) yang membantu meredakan nyeri ringan hingga. Obat ini juga termasuk dalam golongan obat keras, sehingga penggunaannya harus mengikuti anjuran dokter.

Selain itu, Anda tidak boleh sembarangan meminum asam mefenamat dengan obat lain, karena interaksi obat bisa mengubah cara kerja obat yang Anda minum atau bahkan meningkatkan risiko efek samping serius.

Salah satu obat yang interaksinya dengan asam mefenamat sering kali dipertanyakan adalah paracetamol.

Paracetamol boleh dikonsumsi bersama dengan asam mefenamat ataupun obat golongan OAINS lainnya karena tidak terbukti menyebabkan interaksi.

Baca juga: Bagaimana Cara Minum Asam Mefenamat yang Benar? Dosis dan Anjuran Minumnya

Kombinasi kedua obat ini bisa digunakan untuk meringankan nyeri seperti sakit kepala, migraine, sakit gigi, sakit otot, sakit punggung, sakit traumatis, sakit akibat keseleo dan sakit setelah operasi.

Namun, jangan menggunakan kombinasi ini jika Anda alergi parasetamol dan obat golongan OAINS, punya kondisi asma atau pernah mengalami serangan asma karena pereda nyeri, mengalami pembengkakan pada usus pencernaan, mengalami tukang lambung dan sedang hamil trimester ketiga.

Obat asam mefenamat bisa menyebabkan asam lambung atau GERDShutterstock/Andrii Zastrozhnov Obat asam mefenamat bisa menyebabkan asam lambung atau GERD

Sebaliknya, obat-obatan yang mungkin berinteraksi dengan asam mefenamat antara lain:

  • aliskiren
  • golongan inihibitor ACE seperti captopril dan lisinopril
  • golongan angiotensin II receptor blockers seperti valsartan dan losartan
  • cidofovir
  • kortikosteroid seperti prednisone
  • fluconazole
  • ketorolac
  • lithium
  • methotrexate
  • diuretik seperti furosemide

Baca juga: Asam Mefenamat Obat Keras, Ketahui Efek Samping yang Bisa Muncul

Interaksi obat lainnya yang harus diperhatikan karena bisa meningkatkan risiko pendarahan adalah obat anti platelet seperti clopidrogel dan pengencer darah seperti dabigatran, enoxaparin atau warfarin.

Penggunaan asam mefenamat dengan obat golongan OAINS lainnya seperti ibuprofen dan celecoxib, serta aspirin juga harus diperhatikan karena bisa meningkatkan risiko efek samping yang mungkin Anda alami.

Untuk memastikan interaksi obat yang mungkin Anda alami, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda. Catat dan tanyakan seluruh obat yang Anda konsumsi, termasuk obat hermal, vitamin dan suplemen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber WebMD
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+