Kompas.com - 24/11/2022, 19:02 WIB


KOMPAS.com - Semut tentara tertua di dunia telah diidentifikasi dalam batu ambar Baltik berusia 35 juta tahun.

Penemuan tak terduga ini pun menunjukkan bahwa serangga yang sekarang umum dijumpai di Afrika dan Amerika Selatan tersebut pernah menjelajahi benua Eropa.

"Kami tak mengira mereka ada di Eropa. Sebenarnya sama sekali tak pernah terdengar menemukan semut tentara ini di Eropa tapi sekarang kita menemukannya bahkan usianya jutaan tahun lalu," kata Christine Sosiak dari New Jersey Institute of Technology.

Seperti diberitakan Kompas.com sebelumnya semut tentara merupakan salah satu jenis semut mematikan di dunia.

Semut ini adalah predator agresif berbahaya, bahkan bagi manusia. Mereka cenderung berpindah dari satu tempat ke tempat lain karena tak memiliki sarang permanen.

Baca juga: Jutaan Semut Api Invasi Hawaii, Apa Penyebabnya?

Kisah penemuan semut tentara tertua ini memang tak terduga. Pasalnya, Sosiak tengah menyelidiki fosil semut yang terjebak dalam batu amber yang disimpan di Universitas Harvard sejak tahun 1930-an.

Saat ia sedang mempelajari koleksi-koleksi fosil semut tersebut, Sosiak justru menemukan spesimen yang salah identifikasi sebagai anggota genus Platythyrea yang umum.

"Saya meletakkannya di bawah mikroskop dan berpikir kalau ini sesuatu yang sama sekali baru, sesuatu yang sangat aneh dan menarik," katanya.

Lalu, seperti dikutip dari New Scientist, Kamis (24/11/2022) dengan menggunakan fotografi dan pemindaian CT mikroskopis, peneliti membuat gambar beresolusi tinggi dan model 3D dari semut cokelat berkilau yang terawetkan.

Peneliti kemudian baru menyadari bahwa spesimen fosil semut tentara tersebut tak memiliki mata, rahang runcing tajam, satu ruas pinggang, dan kelenjar besar yang akan mengeluarkan cairan pelindung untuk hidup di bawah tanah.

Baca juga: Semut Ini Mengobati Kawanannya yang Terluka

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.