Kompas.com - 23/11/2022, 18:30 WIB

KOMPAS.com - Monyet adalah mamalia dari ordo primata, yang merupakan anggota subordo Hapolorini dan infraordo Simiiformes.

Monyet tersebar di seluruh dunia, sehingga mereka harus bisa menyesuaikan diri dengan habitat alaminya. Karena itu, pola makan monyet juga bervariasi berdasarkan sumber daya alam dan spesiesnya.

Salah satu ciri khas monyet yang terkenal adalah kebiasaan makan pisang. Namun, apakah monyet hanya makan pisang?

Baca juga: 7 Karakteristik Monyet, Salah Satu Hewan Cerdas di Bumi

Apakah monyet hanya makan pisang?

Umumnya, monyet yang ada di kebun binatang akan memakan pisang, tetapi di alam liar, pisang bukanlah sumber makanan utama monyet.

Sebuah studi tentang monyet berbulu di Kolombia (spesies Dunia Baru) menemukan, bahwa 78,9% makanan monyet terdiri dari buah-buahan berdaging. Buah-buahan di Kolombia termasuk buah markisa, beri emas, buah naga, manggis, dan buah jeruk.

Selain itu, pada dasarnya monyet adalah omnivora. Hewan ini mengosumsi tumbuhan dan juga daging binatang lain.

Namun, sebagian besar spesies monyet memang lebih banyak makan tumbuhan.

Monyet mendapatkan sumber makanan yang dapat mereka makan dan cerna dari habitat sekitarnya. Makanan monyet adalah apa saja yang relatif mudah dijangkau, yang bisa memberikan mereka gula buah, karbohidrat, serat, dan protein hewani.

Sebagian monyet memiliki ibu jari yang berlawanan, yang dapat membantu mereka untuk memegang dan memetik buah, serta untuk berayun dari pohon ke pohon.

Sementara monyet yang makan daging hewan akan berburu serangga dan hewan kecil lain seperti kadal, siput, katak, semut atau rayap untuk dimakan.

Baca juga: 5 Alasan Monyet Berbahaya untuk Dipelihara

Ilustrasi monyet rhesusSHUTTERSTOCK/ZZVET Ilustrasi monyet rhesus

Makanan yang berbahaya bagi monyet

Ada berbagai teori yang beredar tentang makanan yang dapat membahayakan monyet. Meski monyet tampak seperti pencinta pisang, banyak ahli nutrisi mengklaim bahwa makan terlalu banyak pisang justru dapat berbahaya bagi monyet, karena mengandung gula tinggi, sehingga dapat menyebabkan diabetes pada monyet.

Makanan manusia yang dibuat melalui fermentasi, seperti roti, keju, yogurt, dan sejenisnya juga berbahaya, karena dapat membahayakan kesehatan usus monyet.

Selain itu, ahli juga mengatakan, memberi makan monyet liar secara teratur membuat monyet akan bergantung pada manusia dan menyebabkan mereka berhenti mencari makanan secara normal di habitatnya. Ini bisa berbahaya secara ekologis dan mengubah fisiologi monyet dalam jangka panjang.

Baca juga: Spesies Monyet Langka Ditemukan Kembali di Pegunungan Myanmar

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AZ Animals


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.