Kompas.com - 23/11/2022, 10:05 WIB

KOMPAS.com - Spesies pohon raksasa baru berhasil diidentifikasi di Sumatera.

Pohon yang kemudian diberi nama Lophopetalum tanahgambut ini mampu tumbuh setinggi 40 m dengan diameter batang setinggi dada (dbh) mencapai 1,05 meter.

Sementara sistem akarnya sendiri lebar, dapat mencapai 15 meter mengelilingi pohon dan menjulang setinggi 1,5 meter dari permukaan tanah.

Baca juga: 3 Pohon Tertinggi di Dunia

Mengutip Sci News, Selasa (22/11/2022) spesies baru ini masuk dalam genus Lophopetalum dalam keluarga Celastraceae.

Genus Lophopetalum sendiri mencakup hampir 20 spesies asli diakui yang saat ini berada di India, Bangladesh, Indonesia, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Nepal, Nugini, Filipina, Thailand, Vietnam, Australia, dan Kepulauan Andaman.

"Dalam keluarga Celastraceae, suku Lophopetaleae termasuk tiga genera paleotropis dengan biji bersayap yang tak memiliki aril," kata Agusti Randi, peneliti dari National University, Singapura.

Lophopetalum sendiri membentang dari India hingga Australia utara, tetapi keanekaragaman spesies berpusat di Melesia barat dan tujuh dari 19 spesies berada di pulau Sumatera.

Sementara itu, spesies baru dinamakan Lophopetalum tanahgambut karena hanya diketahui di hutan rawa gambut di Sumatera.

"Hutan rawa gambut dikenal dengan keunikannya yang miskin unsur hara, kaya karbon, dan kondisi basah yang memerlukan adaptasi khusus untuk bertahan hidup," jelas pra peneliti.

Sayangnya, habitat itu telah mengalami konversi ekstensif menjadi lahan pertanian dan hanya menyisakan 11 persen hutan rawa yang tak terganggu.

Baca juga: Penting bagi Kehidupan, Ada Berapa Banyak Pohon di Bumi?

Halaman:
Sumber Sci-News


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.